Friday, January 01, 2010

KERJA KERAS ADALAH ENERGI KITA = KERJA KERAS PERTAMINA MENG"ENERGI"KAN KITA


Ceritanya lagi ngisi bensin di daerah Tebet untuk keperluan perjalanan ke Bogor. Di tengah perjalanan, saya cukup heran dengan antusiasme perusahaan bahan bakar dari pihak asing yang mulai menjamur di area tersebut. Mulai dari Shell hingga Petronas mewarnai tatapan saya, tapi entah kenapa mobil saya terus melaju dan mendarat ke Pertamina sebagai tujuan utamanya. Kebetulan pom bensin yang saya kunjungi masih terlihat kinclong, kayaknya memang baru dibangun. Senyuman tulus dari lelaki sang penjaga pom bensin adalah prolog ketika saya keluar dari mobil untuk membuka tutup tangki. Secara sopan si lelaki berkata "Selamat Siang Pak" sambil berusaha membantu saya membuka tangki walaupun tidak saya minta. "Dimulai dari nol ya Pak" kalimat berikutnya yang terdengar, seakan memastikan saya bahwa mereka berusaha terbuka dan jujur. Selesai mengisi bahan bakar, mereka pun mengucapkan salam terima kasih sambil merapatkan kedua telapak tangannya membentuk simbol hormat ke Paduka. Sebuah service simpel tapi tetap terkenang hingga skarang. Keramahan yang patut dicontoh oleh perusahaan Plat Merah lainnya.

Saya yakin, apabila manajemen terus berbenah, Pertamina akan menjadi perusahaan yang membanggakan negara. Tapi semua itu harus melalui yang namanya kerja keras.

Melalui blog ini, saya mencoba membantu (memanas - manasin) Pertamina tentang strategi mengapa harus bekerja (lebih) keras. Alasannya adalah karena Pertamina juga ada mimpi "tambahan" (dari saya), yaitu bercita - cita mewujudkan menara tertinggi di dunia yaitu "Menara Pertamina!!"

Ini saya coba sket sket desain logonya. Konsepnya adalah bangunan ratusan tingkat yang apabila dilihat dari jarak jauh seperti siluet Gapura.

Kurang lebih visualisasi fisiknya seperti gambar di atas ini. Setiap hari, semua mata selalu memandangnya dan terkagum kagum akan kemegahannya. Pusat objek fotografi turis sudah Fardhu 'Ain hukumnya :)

Jika dibandingin dengan bangunan lain di dunia, kita tetep nomer satu!

Kenapa berbentuk Gapura ? Pertama, karena Gapura adalah salah satu bagunan ciri khas Indonesia. Kedua, saya ingin menegaskan 6 nilai yang memang sudah terpatri di korporasi Pertamina ke masyarakat luas yaitu Clean, Customer Focused, Confident, Capable, Competitive dan Commercial.
Lihat deskripsi lebih luas tentang 6 nilai Pertamina di sini.

Nantinya gedung ini akan berada di Ibukota Jakarta. Secara grafis, Jakarta juga tidak melulu menggunakan ikon Monas setiap ada hajatan besar (Bosen). Landmark Menara Pertamina akan menjadi pusat wisata baru. Akhirnya nanti Logo Enjoy Jakarta pun ganti...
Asalnya seperti ini..

Akan menjadi seperti ini..

Masyarakat Indonesia akan memiliki kebanggaan baru yang bisa selalu disebut - sebut kepada teman - temannya di luar negeri. Kita punya Menara Pertamina! Menara tertinggi di dunia!!

Siapa tahu, nantinya ketika Pertamina sudah sangat sukses dari hasil kerja kerasnya membangun menara, pastinya bisa mendapatkan pemasukan yang berlimpah, akhirnya bisa juga menjadi sponsor di klub Sepak Bola kelas wahid semisal Manchester United! Dunia akan semakin "ngeh" dengan eksistensi Pertamina, sebuah brand Indonesia yang menglobal!

Dijamin deh, semua negara akan respek kepada Indonesia kalau cita - cita ini bisa diwujudkan oleh Pertamina :) Sesuai slogan Pertamina "Kita Untung, Bangsa Untung" Kita untung karena bakal banyak wisatawan yang berkunjung, Bangsa ya untung karena nilai ekonomi dan citra naik bertubi tubi.
Mimpi dan kerja keras Pertamina ini kelak yang akan menginspirasikan dan meng"energi"kan kita semua :)

Psstt...fakta nyatanya, masak Petronas punya menara tinggi, masak Pertamina gak bisa punya juga hehehe... Ayo mari kita kerja keras lagi!

Artikel ini untuk diikutkan lomba blog Pertamina. Mohon doanya :)

KERJA KERAS ADALAH ENERGI KITA !
KERJA KERAS ADALAH ENERGI KITA !
KERJA KERAS ADALAH ENERGI KITA !
KERJA KERAS ADALAH ENERGI KITA !

Link Terkait

68 Comments:

ilham said...

untung ada menteri desain

Dodi Iswandi Mauliawan said...

luar biasa

nanti kasih nama gapura kembar gan..

Anonymous said...

gantinya world trade center nih :)

oglek said...

Wow, keren, andai Pertamina suatu saat bener-bener sesuai harapan mas KDRI

Maya said...

Harus dilaksanakan, bukan di coba lagi...ayp buktikan pada Dunia , Indonesia Bisa lewat Pertamina bangun Menara Gapura...

corey malelo said...

bisa kah? dengan berdirinya bangunan itu rakyat kita menjadi makmur sejahtera? ironis..

KEMENTERIAN DESAIN INDONESIA said...

@corey > dibikin bisa mas..:) optimis aja..

robby ul pratama said...

wah bener-bener ide yang bagus memilih gapura sebagai icon bwt di jakarta, bahkan di indonesia, karena gapura memang indonesia banget, gapura memang bisa kita temukan dimana saja dan kapan saja. di gang2 (bahkan daerah dan gang terpencil), di jalan saat memasuki sebuah kota. seharusnya gapura juga menjadi warisan budaya indonesia yang harus dilindungi (biar ga di klaim ama ngara lain hehe)smoga bisa terealisasikan ya gedungnya!!

fahrul said...

mantap gan!

freelancer.graphic said...

maaf itu designnya pake 3d rendering ? manteeppp

_WeLcoMe 2 oUr JungLe Blog_ said...
This comment has been removed by the author.
rizki said...

Bagus juga sih pelayanannya, tapi kadang2 saya kasian juga pengisi bahan bakarnya. Dulu mereka diharuskan menggunakan masker untuk alasan kesehatan. Skrg mereka dilarang memakai masker demi sebuah senyuman.

Gapuranya keren, twin tower mah lewat. Tapi untuk sementara belum pantes kita bikin bangunan sperti itu ditengah perokonomian sperti itu

rilis said...

"Menara Pertamina" berbentuk gapura sungguh menarik. Kenapa? Gapura bermakna mendalam dan bernilai estetika yang sangat tinggi, baik yang tangible maupun yang intangible. Menyatunya komposisi arsitektur kuno dengan arsitektur modern melambangkan interlocking (saling mengunci), antara masa lalu dengan masa nanti. Artinya, Indonesia tidak meninggalkan budayanya sekalipun menyongsong era globalisasi. Asalkan Pertamina mengelola sumberdaya alam minyak dan gas secara efisien, efektif, dan rasional, Indonesia akan lebih maju.

eleanor rigby story said...

wow.
design nya keren.
bisa ngegantiin menara jakarta yang katanya lagi dibangun nih.
bisa jadi mega proyek Indonesia yang berskala international. nice :)

alnol said...

idenya keren mas, tapi bener juga kata rizki di atas. mending kalo itu menaranya tidak terlalu tinggi biar lebih irit dan membuktikan bahwa kita adalah bangsa yang sederhana dan bersahaja. :)

vtea chodoQ said...

waduh mas adit...salut ama konsep menara pertamina n logo2 plus planning2 ke depannya...

Indonesia masa depan emang butuh dipanas2in biar ENERGInya tetep optimal...;)

pertamina fardu ain buat mempertimbangkan blog ini..heheheh

nb.tapi mas klo di jakarta yang program pasti pas cuma awalnya aja senyum2..skrg udah jarang, apalagi klo yg ngisinya abang supir angkot n kopaja...kasihan ma mereka berkuras keringat tapi ga disenyumin, apa mas2/mba2 yg di pom bensin pilih kasih??? -_-

frEezy_friEz said...

ide yg briliant,,nice!! :)
design ny jg okey..

'Gapura' yg bertingkat2 sendiri mempunyai arti sbg salah satu bentuk simbol solidaritas bangsa yg digmbarkn mulai tingkatn2,baik itu dr kalangan atas, menengh, dan bwh.. :p

klo menara pertamina bneran ada,,mayb bs jd lap.kerja bru bwt masy.indonesia khususnya..'n bs jd aset negara yg hrs dilestarikn,,'n jgn smp pindah lg k tngn asing.,arsitektur bangunanny mungkn jd paling bgus di jkt..he

HOpe So!!^^

saLlute bwt mnteri desainny...

Bagas said...

Kerja keras adalah energi kita untuk membuktikan diri lebih baik dari "tetangga"

Anonymous said...

FYI, Pertamina (sudah) punya rencana bangun menara dengan ketinggian ** lantai di Jakarta.

di puncaknya, dirancang sebuah pembangkit listrik tenaga angin yang bisa menghasilkan tenaga listrik hingga **MW.

tapi sayang, rencana tsb batal karena bbrp hal.

belum ada update lebih lanjut...

m-flazher said...

mangtabs kontest pertamina......

dipati said...

mantap banget deh gambar menara pertamina itu yang diilhami oleh gapura.
gapura itu hal yang sangat identik dengan nusantara, gapura itu juga berasal dari kata ghofuro yang artinya "anpunan".....
nah semoga dengan berdirinya menara tersebut membuat orang yang ada di gedung tersebut mempunyai jiwa pemaaf, gak marah2 serta semangat yg menggebu-gebu.hehehehe

Surya said...

AYO KITA BUAT PERTAMINA MENDUNIA !

Anonymous said...

pak menteri, bukannya burj dubai setinggi 800-an meter udah jadi ya ? Jadi lebih tinggi daripada itu dong ?

The Hanggara-Bill Post said...

berarti menara tertinggi kedua setelah burj dubai..

(contoh visual di atas bukan skyline jakarta tapi dubai)

Adrie 'Sihung' Astrajingga said...

semoga dalam waktu dekat semua harapan dari KDRI ini bisa terwujud, amiin :)

jumei said...

Kayanya kalo perubahandi mulai dari pembangunan fisik agak kurang pas soalnya dari jaman dahulu soal fisik Indonesia jago (mercusuar katanya) Senayan terbesar, Isiqlal terbesat, Monas tertinggi...tapi pakah perubahannya signifikan dengan besarnya bangunan, perlu diskusi panjang...
SDM Pertamina dibikin besar kualitasnya lahirnya kalah dari adik kecil petronas

Yoris Sebastian said...

Saya suka banget ide pake gapura untuk menara Pertamina. Sudah saatnya gedung2 pencakar langit di Indonesia lebih punya local identity.

Saat ini terlalu banyak bangunan yang sekedar modern minimalist :( OMG sendiri bareng Urbane sejak tahun lalu sedang collaborate bikin property yang modern namun tetap ada ke-khas-an lokalnya. Next time should ask kdri to join tampaknya ;)

Dan tepat sekali bikinnya menara tertinggi di dunia, bukan gedung tertinggi di dunia. Saat ini kalo tidak salah menara tertinggi di dunia adalah Canadian National Tower (553 meter), Toronto, Kanada

Timing yang tepat dengan semakin baiknya performa Pertamina tentunya.

Pengennya Pertamina juga akuisisi perusahaan2 asing yg bagus ke depannya. Jangan perusahaan kita aja yg terus2an dibeli sama asing.

All the best Pertamina!

ouhmaigoat said...

manstafff...

semoga bisa terwujud.. :)

Hendra said...

Wah saya suka sekali mas, dengan idenya, cukup membuat penasaran, memberikan contoh gambar perbandingan, memberikan artian penjelas logo, sampai memprosesnya dalam bentuk logo. Salute dengan pemikirannya.. Pak Mentri.

samarinda said...

hebat!

Anonymous said...

bisa aja

Anonymous said...

2 jempol buat idenya....!

Kayanknya mang harus ada pembenahan manajemen ditubuh Pertamina ditengah derasnya persaingan Perdagangan bahan bakar apalagi Pertamina adalah trademark Oil Company milik Indonesia..!

Jangan lupa untuk design gapuranya ditambah 2 patung raksasa pegang gada untuk lebih mencirikan bahwa ini adalah bangun khas Indonesia...bravo..maju terus...!

Rendy said...

sadis... bagus banget
kalo saya yang jadi presiden sekarang, saya setuju 100%
tunjukkan bahwa indonesia sekarang adalah negara yang kaya karena kerja kerasnya
bangkit indonesia...

mayasarimin said...

brapa tingkat tuh bang ? kalo gempa gimana ?

akbar said...

okelahkalobegitu

Atep Dell said...

wah..hade pisan artikel ni...cool!

Rifqi Imaduddin Irfan said...

bagus. siapa dulu yang buat? menteri desain :)

Anonymous said...

semoga menang mas :)

gatot said...

bagus dan boleh juga desain2 nya..terus di kembangkan aja yu...sukses ya....

Anonymous said...

sip!

Anonymous said...

untuk pelayanan di pom bensin pertamina tebet, klo menurutku bagus untuk pom bensin yg masih baru mungkin seluruh staffnya di instruksikan untuk ramah karena permintaan dari pemilik pom bensin yang masih baru.. coba kita buktikan klo pom itu sudah berusia agak dewasa mungkin lain pelayanannya.. ciri khas dari budaya kita yg masih berakar kuat.. "inconsistance"..
nah untuk konsep menara terringgi didunia saya menyambutnya dgn positif.. klo malaysia pnya knp kt tidak bisa pnya bahkan menjadi menara trtinggi d dunia.. alasanku muncul krn pertamina mrpkan prshhn prtmbangn minyk dan gas yang telah lama berada di negri ini.. pasti jika brtujuan utk menuku ke arah go publik.. dan dari berbagai produsen suplyer minyak d tnh air pertamina ttp mnjadi pilihan utama masyrkt kt.. sy prnh liat prtamina sdh pny branch store di australia itu mrpkn lngkh nyata dari pertamina untuk mengglobalkan produknya dan indonesia sendiri.. pertamina GO PUBLIC!! Awesome!!

Anonymous said...

ai ai... keren... moga tercapai.... amin...

markozzzzzay said...

KEREEEEEENN..
tapi kayanya ga akan jadi tuh :P

kdri top daah ;)

pringgo said...

Manteb banget...
Untung ada pak mentri... :)

seo mai said...

kontes seo dipadu dgn design memang menjadi begitu unik dan indah, moga menang bro :)

myoesuf said...

seperti biasa,
kereeen gaaan...
kreatip banget emang kera ngalam iki!
seeeph

lemur said...

waw sangat Indonesia sekali mantaf gan... :beer:

Anonymous said...

ide menarik!

Safiqulatif Abdillah said...

pak menteri gila!!!
atw mungkin lebih tepatnya menggila
idenya ma' nyuss...

tp gimana kalo bikinnya di Kalimantan aja
kaya'nya pulau itu teraman dari gempa...
jd Menara Pertamina tetep tegak meski gempa menggoyang sbagian Indonesia

Anonymous said...

SEDAP GAN!!!

Kevin said...

wouh .. mantaps bang .. gud luck yah ..
dr org yg td ngetweet .. hehe

Moenz77 said...

semoga menaranya lebih tinggi dari menara burj dubai yah...

IBU Foundation Meulaboh said...

Minyak merupakan salah satu yang Indonesia Banggakan, salah satu asset besar Indonesia... Persaingan di ciptakan untuk membuat perekonomian sehat dan semakin berkembang, motivasi semakin terpacu...

dari masa ke masa Pertamina semakin memperbaiki diri nya... kalau bukan kita siapa lagi yang harus bangga akan produk dalam negeri... dari pada kita memberikan pemasukan untuk negara luar, knp tidak memberikan pemasukan pada negara sendiri...
kalau Indonesia begitu indah, mengapa kita harus berlibur ke luar negeri...
Kalau Indonesia punya Pertamina punya pertamina, kenapa kita harus menggunakan Produk Luar...

Dukung Menara Pertamina... mari KDRI mulai dengan Kaos nya dulu...

pasko said...

Suatu gagasan anak bangsa yang patut kita dukung.
setelah Bandara Hasanudin Makassar, Bandara Kuala Namu, Jembatan Suramadu(jembatan terpanjang di Asia Tenggara)yang dikerjakan tanpa bantuan asing dalam penggagasan dan pembuatanya, yang telah membuktikan bahwa 'bangsa kita bisa', 'Indonesia Bisa!'
dan gagasan membangun Menara Gapura Pertamina merupakan konsep yang brilian anak bangsa yang patut kita dukung sepenuhnya.
saya rasa konsep ini akan direalisasikan oleh Pertamina.

Mari kita dukung anak bangsa!

satria pranata said...

gokil...
pasti bisa mas!

if u can dreamed it, u can do it
semoga mas gembol bisa diangkat jd staf ahli pertamina nih..biar mengangkat citra pertamina, juga mengangkat citra indonesia

-Goenrock- said...

MANTAP!!! Amiiin! Semoga kita bener2 punya menara yg didesain oleh Mas Gembol ^^ Tujuh turunan bahkan lebih anak cucu kita pasti bakal bangga

gabro said...

Muantabbbbbb...Mas WaDit(he..he..he (Wahyu Aditya) ..semoga dapat terwujud ....apa yang telah kita buat...aminnnnn....

aji said...

like it !!!!
keren banget bos....
semoga cita-citanya tercapai....
ane dukung pak mentri deh....
kaos gambar garudanya keren pak...
saya pake yang coklat....

masigade_ArchInterStudio said...

maaf sebelumnya,
sayang sekali, kenapa maenaranya kembar juga, jadi kayak punya tetangga yg sering gangguin kita,
trus, knapa juga jadi menara pertamina, karena tetangga kita menaranya juga punya perusahaan minyaknya(petron*s)?? kok malah kita jadi kaya mau ikut2an punya tetangga...
skali lagi maaf,
no offense, tapi bisakah kita benar2 beda??

Anonymous said...

Ayo kita bisa....

Anonymous said...

belum saatnya, mending FOKUS dulu atasi banjir n macet....

Anonymous said...

Indonesia harus punya jati diri n prinsip. Jangan cuma ikut-ikutan rame-rame bikin yg tertinggi. Itu nanti, yg penting siapkan pondasi dulu: mentalnya, SDM-nya ...kirim banyak2 mahasiswa berprestasi ke Jerman utk belajar gratis. Pulang ke tanah air bisa bikin sendiri pesawat tempur, psawat antariksa, kereta api cepat, kapal selam, pembangkit listrik tenaga angin, tenaga matahari, tenaga ombak....top lah indonesia

arsiteku said...

Realize Your Dream Home

CONSULTANT SERVICES CONTRACTORS ARCHITECTS AND INTERIOR DESIGN

For those of you who need the services of architects and contractors experienced. Please contact us to realize your dream home.

Visit---> http://www.architecture-consultants.com/

Whatever the type of housing on offer, such as:
1. Luxury Houses / Villa
2. Hotel / Apartement
3. Malls, office / Rukan / Office
4. Cafe / Restaurant / Playland

To meet the wishes of the client & owner, reasonable prices amid a competitive market while reducing design & construction costs if you use the services of our architect and contractor.

With service products will be accepted, namely:
1. Cost Estimation Architecture + Design (RAB)
2. Color perspective 3Dimensi
3. Sub Drawing
4. Project Supervising
5. Design & Build
6. Landscaping

Contact immediately:
PT. Diorindo Graha Perkasa
Jl. Harapan Mulia Raya no.1B
Kemayoran, Jakarta
Phone: (021) - 4287 6180
Mobile: (0819) - 0848 0895
Email: elevenstudios@yahoo.co.id
For consultation please click here ...

arsiteku said...
This comment has been removed by the author.
Nina permata sari said...

..................NICE…. ^_^v.................

Anonymous said...

Mantap gan!! saya ga sengaja liat blog ini. Gapura/Gerbang masa depan Indonesia, Cool!!

suksesitubebas said...

yang penting anti gempa, anti tsunami dan anti miskin

Anonymous said...

حــــــــــــــــــج مبــــــــــرور وذنـــــــــــــــب مغـــــــفور ان شا الله