Monday, September 28, 2009

ALASAN SAYA PINGIN BELAJAR KE INGGRIS


Ini sekedar angan - angan saja, jikalau ada rejeki nomplok, saya, Mas Waditya sebagai Jubir KDRI kepingin berangkat belajar dalam hal perdesainan ke Inggris tepatnya di kota London. Kenapa eh kenapa ? Ini dia alasannya....

ICONIC


Apabila saya menyebut kata Inggris, salah satu yang tergambar di otak saya adalah topi polisi di sana. Bentuknya item menyembul ke atas, lucu dan unik. Gak aneh kalau orang - orang tergelitik untuk memilikinya sebagai souvenir.

Coba polisi Indonesia meniru tehnik ini, mungkin bisa membantu citra polisi kita menjadi menarik dan unik. Terus terang saja image polisi kita yang ada sekarang agak membosankan, susah diulik sebagai ikon yang menjual.

Mungkin bisa aja suatu saat polisi di Jakarta menggunakan topi Monas ? :P

Nah selain topi pak polisi, image yang terbesit di otak ketika kata Inggris muncul adalah desain benderanya yang bernama Union Jack.

Mereka dengan mudahnya menciptakan alat promosi negara melalui merchandise yang sebetulnya sangat mudah diciptakan di Indonesia. Gak kaget ya kalau banyak anak muda di Indonesia doyan banget nempel bendera Union Jack di kamarnya. Ayo ini PR buat marketer negara kita nih :) gimana caranya supaya orang Inggris pun doyan pasang bendera Sang Saka Merah Putih :p

Ekstrimnya sih bendera pun bisa jadi kolor kalau di Inggris, tapi kayaknya kalo di Indonesia butuh waktu lama untuk merealisasikan yang seperti ini he he

JADUL TAPI EKSIS

Jadi sirik nih, banyak turis pada rebutan foto ama penjaga istana. Sebuah warisan budaya jadul yang masih tetap dipertahankan. Nah, Indonesia kan kaya dengan kerajaan - kerajaan yang melimpah, bagaimana kalau para raja - raja itu mulai berbenah diri mempromosikan kerajaannya dengan pasukan yang berpakaian menarik. Secara kasatmata, Jogjakarta yang baru berhasil menjadikannya ikon wisata kerajaan yang menarik.

Ngeliat prajurit baris berbaris di Buckingham Palace, sebetulnya biasa aja, tapi ternyata banyak turis bersedia menunggu berjam - jam. Ada banyak misteri yang harus kita pelajari supaya budaya Indonesia juga ditunggu tunggu seperti ini.

Saya bersama istripun terbawa latah untuk menunggu parade prajurit yang cuma 5 menitan itu. Jaga - jaga juga siapa tau Ratu Inggris mendadak buka jendela dari lantai lima dari istana Buckingham.

Bis Kuno juga bisa dirias dengan grafis kontemporer.

Andaikan Metro Mini atau Mikrolet dikemas seperti ini. Negara bisa lebih kaya lagi :)

BIKIN LENGKET

Suatu saat ada teman sedang menggunakan kaos bertuliskan "Underground". Saya kira itu sebuah pergerakan musik rock independen. Tapi apa nyana, itu adalah istilah transportasi kereta di London.

Baru kali ini saya melihat banyak anak muda dengan bangga dan trendinya menggunakan kaos dengan logo transportasi.
Sayapun ikut ikutan tampil narsis dengan background logo transportasi kereta.
Konsistensi dibutuhkan dalam melengketkan citra di benak publik. Misalnya ya seperti foto di atas ini, tulisan dilarang merokok pun menggunakan fondasi desain yang sama dengan logo inti.
Apalagi dibumbui dengan desain peta wisata yang memanjakan mata. Wuihh, turis pasti akan selalu melibatkan fasilitas transportasi ini sebagai bagian kenangan yang indah.
Transjakarta Busway bisa meniru metode ini. Bikin anak muda bangga menggunakan kaos Transjakarta, ehm tapi saran saya sih lebih baik logo burung elangnya diganti dulu, takutnya bias ama produk kacang tanah yang gurih itu.

ES CAMPUR

Pada awalnya ketika saya tiba di London, memiliki perasaan pesimis tentang citra Muslim akibat kejadian bom yang melanda London kapan tahun lalu ini. Ternyata gambaran itu sirna, setelah secara tidak sengaja melihat event besar menyambut Idul Fitri yang diadakan oleh Walikota London yang lagi ON itu :)

Mereka mengundang penyanyi timur tengah yang saya kira cukup terkenal :) (walau saya ndak kenal :p)

Lihatlah betapa ramainya partisipan yang ikut berpesta di tengah - tengah kota. Saya sebagai Muslim sungguh terharu dengan toleransi yang dilakukan oleh warga London.
video
Versi 360 Derajatnya nih..

Kendaraan Bis milik Polisi pun nggak kalah untuk berkosmetik dengan citra Timur Tengah yang kontemporer.
Kepekaan yang kompak, merangkul perbedaan dengan ikhlas.
Bagaikan es campur, beragam isinya, kalau diminum rasanya pun menjadi menarik.

PEMERINTAH GAUL
Ketika saya berada di sebuah halte bis, mata ini tergoda melihat ada grafis bertuliskan "MAYOR OF LONDON" di papan jadwal. Tampaknya sang Walikota sedang exist membrandingkan dirinya sebagai Walikota yang "ON". Konsep yang mantap dan simpel.
Tidak jauh dari halte bis, secara tidak sengaja saya menemukan tempat bertuliskan
"TOTALLY LONDON".
Typography dan warnanya sama dengan "MAYOR OF LONDON", mencoba mengkomunikasikan bahwa London kota yang lagi "On" banget he he. Ini sebuah pembangunan citra kota yang kompak dan patut kita pelajari untuk diaplikasikan suatu saat di kota - kota di Indonesia.
Sepertinya pemerintah London sangat terbuka dalam pencitraan gaya baru, perilaku ini semoga juga bisa menular kepada pejabat tinggi di Indonesia ya.
Coba tengok ketika kita berada di ruangan ini, saya sebagai turis bisa secara cepat mendapatkan informasi yang saya inginkan.
Mau melihat atraksi / pertunjukan yang ada di London ?
Atau sekedar belanja ? Semua informasi mudah dipahami oleh turis seperti saya.

Hal - hal sistematis seperti ini yang pingin Mas Waditya pelajari lagi apabila bisa berangkat ke Inggris lagi. Sebuah desain komunikasi untuk pariwisata yang patut kita adaptasi nih.
London memang Totally LondON! ON banget deh! Ayo Jakarta jangan kalah... mungkin bisa juga bikin brand "jakARTa", ART banget lah pokoknye.

YA KUNO YA CANGGIH

Kalo kita jalan - jalan di London banyak sekali gedung - gedung jaman bahula yang masih terawat. Gak kaget bila banyak turis merekam keeksotisan liuk tubuh gedung - gedung tersebut.

Akhirnya setiap bangunan menjadi objek wisata tersendiri. Budaya ini sebetulnya perlu dibiasakan juga ke pemegang kekuasaan di Indonesia. Kapan itu waktu saya pulang kampung ke Kota Malang, banyak sekali gedung - gedung tua yang sudah berubah menjadi ruko dengan desain ala kadarnya. Miris juga melihatnya.

London juga terpoles dengan tampilan bangunan - bangunan bercitarasa masa depan. Coba simak foto di atas ini. Bak torpedo yang siap meluncur ke angkasa. Orang - orang sana menyebutnya sebagai Cucumber Building.

Nah negara kita kan terkenal dengan aneka ragam sayuran, bagaimana kalau kita suatu saat menciptakan Terong Building atau Buah Merah Building :) Pasti bakalan banyak turis asing yang menfoto dan menempelkannya di Flickr.
Mari kita perbanyak ikon gedung - gedung yang unik.
video
Bonus video saya dan istri saya lagi joget dangdut dengan background khas London. Sok sok an bikin klip tapi jadinya ancur cucur.

EKSPRESIF

Apabila kita berjalan di tempat - tempat publik, beragam ekspresi bisa kita temui. Misalnya seperti mas yang ada di foto atas ini. Dengan teliti seniman ini menggambar dengan kapur untuk menghasilkan karya handal. Orang kita juga tidak kalah jagonya kan ? Mungkin tempat / ruang berekspresi yang belum bisa difasilitasi kali ya ?
video
video
Suatu saat, saya pingin Indonesia setiap hari libur banyak dihinggapi performance art di ruang publik seperti ini, tentunya dengan ciri khas masing - masing daerah. Jadi bukan hanya pedagang kaki lima aja yang berseliweran.

Nah itu adalah beberapa alasan pribadi saya kenapa memilih negara Inggris.
Intinya, saya ingin mentransfer budaya dan metode desain yang positif dari Inggris untuk diaplikasikan demi kemajuan Indonesia.
Seperti budaya para desainer pada umumnya yaitu ATM, Amati, Tiru, Modifikasi!


Catatan :
  • Simak juga ulasan pengalaman saya mengunjungi Stadion Chelsea
  • Tulisan ini saya ikutkan untuk kompetisi blog yang diadakan oleh British Council
  • Semua foto dan video adalah koleksi pribadi KDRI ketika melakukan dinas ke Inggris (kecuali foto kaos Underground...nyolong dari Google :) )

52 Comments:

kaskuz said...

Mantap Gan!

Anonymous said...

keduaXXX!

Tri Aditya said...

Jadi inget lagu dari band lokal:
"London... ingin ku ke sana...."

Mangstap bangats dah..
Banyak inspirasi nih buat sayah..

Ipunk said...

ooo ternyata gitu ya London...

ipunk said...

pantesan..The Cangcuters pingin ke sono

yulian said...

Doakan saya biar bisa ke Inggris juga Mas...)

miyamin said...

saya suka celana dalam bendera inggrisnya.. :)

papadoh said...

mas, sampean memang brilian! bikin artikel keren banget. cocok loh mas kalo nulis buku gitu, gimana?

migomagi brand said...

Yeah, London memang sangat keren sekali...
Salah satu kota di dunia yang ingin sekali kita bisa kunjungi sekali seumur hidup paling tidak, bkan Amerika, bukan juga Argentina, bukan juga italia, halah...

Lahandi said...

+++

Saya juga punya cita-cita mau sekolah desain disana Mas. Mudah-mudahan kesampean.

Istri diajak pindah sejenak juga ke London Mas?

+++

Zakwannur said...

Penyanyi yg diundang keanya Sami Yusuf mas..
emang tinggal di London tuh, masa ga kenal? dia kan terkenal..hehehe
http://www.samiyusufofficial.com/

tata perdana said...

saya juga pingin bikin untuk surabaya.

bejokukuk said...

apik mas ulasane..dienteni ulasan negara lainnya :p

dude said...

wah jadi kepingin ke sana (ngiri mode on)

KEMENTERIAN DESAIN INDONESIA said...

@semua
syukurlah kalo pada dapet inspirasi baru..ayo bangun bangsa kita!

desimal said...

Motto kampanye SBY masih tetap relevan....LANJUTKAN dengan DESAIN !!KITA PASTI BISA!!

endang setio said...

bikin mupeng aja tulisannya 8->

(berbdoa sambil berharap bisa kesana juga) amin...

kakap said...

andai indonesia seperti artikel ini

vtea chodoQ said...

wah wah...jadi mau jg kesana...^^

nb 1. kita kan ada blankon yg bisa dibudayakan...hihihihi

nb 2. mantab dangdut ke inggris..like this!

sidaut said...

Mau memperkeruh bagian mana nya men? dah cape memperkeruh bapak bapak yg duduk dikabinet itu. emang udah busuk ga ngerti apa apa, yg ada dikepala duit melulu yo piye? lupa kali bentar lagi masuk kuburan. sampeyan jalan aja, siapa tau duduk di kabinet suatu hari, nanti saya tagih perbaikannya.

lumansupra said...

siiip.
dukung 100% program copas-nya... :D

BlaGaBloGer said...

Wow,,, Kereennn,,,, kalo Indonesia bisa kaya gitu pasti bakal banyak bule yang mampir ke Indonesia....

oia, lucu banget yang pas joget2... hehehe

Anonymous said...

ambien sleep medication ambien cr generic available - ambien buy no prescription

Anonymous said...

buy diazepam generic valium valium side effects anger - diazepam without prescriptions usa

Anonymous said...

alprazolam no prescription xanax side effects on liver - generic to xanax

Anonymous said...

buy zolpidem zolpidem er coupon - zolpidem overdose mg

Anonymous said...

generic xanax online there generic drug xanax - xanax for separation anxiety in dogs

Anonymous said...

ativan online lorazepam 1mg flying anxiety - ativan and alcohol death

Anonymous said...

buy xanax without prescriptions buy xanax online insurance - xanax withdrawal edema

Anonymous said...

buy diazepam generic diazepam usa - diazepam 10mg tab mylan

Anonymous said...

ativan price ativan vs xanax for flying - therapeutic dosage ativan

Anonymous said...

generic valium valium medication dogs - negative side effects valium

Anonymous said...

xanax buy order xanax online from canada - xanax davis drug guide

Anonymous said...

ativan pharmacy lorazepam dorom 20cpr 1mg - ativan side effects vision

Anonymous said...

buy diazepam diazepam dosage bluelight - dosage diazepam withdrawal

Anonymous said...

order ativan ativan side effects itching - highest dosage ativan

Anonymous said...

buy diazepam online diazepam 2mg buy online - diazepam dosage veterinary

Anonymous said...

buy generic ativan list of ativan withdrawal - ativan or xanax for sleep

Anonymous said...

cheap ativan lorazepam 1mg mri - ativan overdose alcohol

Anonymous said...

buy carisoprodol can you buy soma in mexico - medicine soma side effects

Anonymous said...

buy valium online valium 77 - generique du valium

Anonymous said...

buy valium online cheap valium no prescription - images of generic valium

Anonymous said...

soma muscle order somatropin - carisoprodol highest dose

Anonymous said...

cheap ambien ambien and weed - ambien cancer

Anonymous said...

soma carisoprodol soma enterprises+order book - carisoprodol soma scheduled drug

Anonymous said...

buy ambien online ambien side effects anger - is it legal to purchase ambien online

Anonymous said...

generic valium names valium dosage tmj - buy valium medication

Anonymous said...

http://site.ru - [url=http://site.ru]site[/url] site
site

Anonymous said...

Your own repоrt offers рrοvеn neсeѕѕary to us.

It’s quite usеful аnd you reallу аre cleаrly quite wеll-informеԁ in thiѕ area.

Υou hаve got opеned up mу personal
face to diffеrent thoughts аbout this ѕubject alοng with inteгestіng and ѕolid сοntent.
Stop by my web blog ... Xanax

Anonymous said...

Тhе writе-up has estаblished benefіcial tο mysеlf.
It’s eхtremely helpful and you are naturally quіte knowlеԁgeable in this region.
You pοssess opened my personal face to be able to different oріnion of this topic using іntrіquing, notаble anԁ
stгong wгittеn content.
Here is my homepage ... Xanax

Anonymous said...

Your aгticle pгovides proνеn benefіcіаl to myself.
ӏt’ѕ νery informаtіvе and you're certainly quite educated in this area. You get opened my personal sight to be able to varying thoughts about this kind of topic using intriguing, notable and solid content.
My web-site - Valium

Anonymous said...

Your own аrtіcle offers eѕtablisheԁ necessaгy to me.
ӏt’s quite educational аnd you are obviouslу really ωell-іnfоrmed of thiѕ
tуpе. You possess exposeԁ my own fаcе to be аblе to νarying
opinіon of this matter using intriquіng, notable and sounԁ
сontent.
Here is my web site : buy ambien online