Thursday, July 02, 2009

SEAS GAMES YANG GELISAH

Bpk. Mentri Yang kami hormati....

Assalaamu'alaikum War. Wab.
Semoga Bapk. Mentri (Mas Gembol) selalu sehat dan selalu sukses dalam menjalankan kegiatan sehari-harinya, amien.

Sehubungan kami akan mengadakan turnamen olahraga tahunan antar pelajar Asia tenggara di Kerajaan Maroko, yang di ikuti oleh pelajar Indonesia, pelajar Thailand dan pelajar Malaysia, maka dengan ini kami memohon masukan dari bapk. Mentri seputar logo lama kami dan maskot baru yang telah kami buat.

Logo 1

Logo 2

Logo SEAS GAMES (South East Asian Students Games)
dibuat oleh Persatuan Mahasiswa Malaysia Di Maroko tahun: 2002 dipergunakan sampai sekarang, dengan kriteria sebagai berikut: obor dari ceklis berwarna biru menandakan warna dasar Thailand dan Malaysia, 3 api berwarna merah menandakan warna dasar Indonesia dan tiga peserta turnamen, ada globe asia tenggara, dan tiga roda menandakan tiga peserta negara, dan bintang berwarna Hijau menandakan lambang Kerajaan Maroko

Maskot SEAS Games IV
Panitia (Persatuan Pelajar Indonesia di Maroko) telah sepakat untuk mengangkat Badak Cula Satu Sebagai Maskot, akhirnya setelah browsing di internet di jumpailah badak berdiri yang kami modifikasi dengan memegang obor olimpiade dan di beri warna merah.
Sebetulnya kami menginginkan maskot yang lebih khas Indonesia lagi karena untuk turnament kali ini kita sebagai Hostnya, seperti badak berbaju batik atau badak pakai blangkon atau apalah, cuman SDM kami belum mencukupi untuk editting photoshop.
untuk cabang olah raga yang dipertandingkan ada 5 cabang: futsal, bola voli,bulu tangkis, tenis meja, dan sepak takrau.

Kami berharap Bpk. Mentri sudi kiranya memberikan masukan, kritikan atau edittan atas dua logo yang ada pada kami, atas segala bantuannya kami haturkan Terima Kasih Banyak.

Rabat, 22 Juni 2009
Sekertaris SEAS Games IV
Habib Chairul Mustain.
- - - - - - -

Kepada Panitia SEAS Games,

Menurut penerawangan Mas Gembol, sepertinya logo yang dibuat kurang mencerminkan kesetaraan. Misalnya seperti simbol bintang yang memiliki arti lambang dari Kerajaan Maroko. Jikalau kita lihat Indonesia hanya diwakili lengkungan merah, sepertinya Maroko lebih istimewa daripada Indonesia.

Coba kita simak logo ASEAN yang mencerminkan 10 negara anggota ASEAN melalui bentuk menyerupai padi. Di sini tidak ada simbol negara yang menonjol. Jadi kalau ini diaplikasikan juga di logo SEAS Games, cermin fairness sudah tercipta.

Sebetulnya logo SEAS Games no 1 sudah lumayan bagus, tapi kalau ada makna yang saya jabarkan tadi..yaa...solusi termudah adalah cukup mengganti makna bintang itu menjadi makna yang global...misalnya prestasi, penghargaan, dsb, bukan mencerminkan suatu negara.

Untuk typography SEAS Games IV kayaknya harus diulik lagi. Apalagi ditambah warna hijau, kuning, merah, ungu yang mengganggu mata.
Masalah Badak sebetulnya sudah cukup bagus idenya. Mungkin yang harus dimodifikasi adalah bagian matanya yang agak sedikit aneh.

Bagaimana nih Aktivis KDRI ? Ada yang bisa membantu panitia SEAS Games ?

Mas Gembol

2 Comments:

Anonymous said...

Bagaimana untuk desain logo & maskot sea games ini alangkah indahnya kalau dikompetisikan saja :)

(Indonesia Lovers)

Langkah Langkah Menguras Septictank penuh said...

bagus sekali info nya sangat menarik penuh inspirasi
terimakasih