Monday, June 15, 2009

PULAU KOMODO DAN TAMAN NASIONAL KOMODO VERSI KDRI


Kalau ngomongin berlibur ke Pulau Komodo, pasti salah satu kunjungan wajibnya adalah Taman Nasional Komodo. Tapi kok kayaknya di kuping Pak Menteri Desain gaungnya belum setokcer dan semantap Pulau Bali atau Pulau Lombok ya ?

Apakah mungkin masyarakat kekurangan info, atau masih kekurangan daya pikat untuk ke sana atau bisa jadi konsep promosinya yang kurang moncer ?

Nah nggak ada salahnya nih kita sebagai salah satu pemilik saham di nusantara ini bantu - bantu promoin itu pulau biar citra di mata masyarakat khususnya masyarakat internasional tentang pariwisata Indonesia gak hanya cuma Bali saja, tapi bisa juga Pulau Komodo.

Ngomong - ngomong kenapa Pulau Komodo kok nggak pulau lainnya aja ? Hmmm kalau menurut Mas Gembol sih pulau ini salah satu pulau di Indonesia yang sangat unik. Satu - satunya pulau terbesar di dunia (ingat di dunia loohh!) yang sangat cocok sebagai tempat alami hewan Komodo untuk berkembang biak. Apalagi secara “branding” pemilihan nama pulau K-O-M-O-D-O, sebuah kata binatang yang sudah familiar di telinga masyarakat dunia. Sebetulnya hal ini sudah bisa menjadi salah satu nilai jual loh untuk me”marketing”kan Pulau Komodo.
Kalau di seriusin sih bisa aja kita bentuk citra bahwa hanya di pulau Komodo lah kita merasakan suasana “Jurassic Park” sesungguhnya yaitu lewat Taman Nasional Komodo.

Nah, trus bagaimana tuh caranya biar banyak wisatawan lokal maupun asing bisa berdatangan bertubi - tubi ke Pulau Komodo ?

Mas Gembol sebagai Menteri Desain Republik Indonesia (Belum / Tidak Sah), lagi iseng - iseng mencoba membuat logo resmi untuk Pulau Komodo, karena ketika mengunjungi portal resmi Pulau Komodo di http://komodonationalpark.org kok kayaknya logonya kurang “memanjakan mata”. Malah kesannya kusam, redup dan agak sedikit menakutkan. Seperti pulau yang dihuni binatang buas yang siap menerkam. Bisa jadi wisatawan agak sungkan untuk datang ketika melihat logo tersebut. Kadang - kadang prinsip “Cinta pada Pandangan Pertama” bisa menentukan keputusan loh.

Pak Menteri Desain punya usul bagaimana kalau mulai sekarang Rakyat Indonesia menggunakan logo ciptaan KDRI ini untuk alat promosi yang berhubungan dengan Pulau Komodo atau Taman Nasionalnya. Harapannya dengan citra baru yang lebih informal, “festive”, rileks, dan lebih warna warni ini, bisa bikin badan bule bule tertarik untuk menginjakan kakinya ke pulau itu.

Apa alasannya kok warna logonya beraneka ragam ? Sebetulnya filosofinya sih Pulau Komodo selain terkenal dengan Taman Nasionalnya, seharusnya terkenal juga dengan keindahan taman lautnya yang warna warni. Denger - denger sih wisata lautnya termasuk salah satu lokasi favorit bagi komunitas penyelam internasional. Kalau mau bukti, coba lihat foto di bawah ini, menakjubkan bukan ?

Disamping itu Pulau Komodo adalah salah satu warisan alam yang harus dilindungi (Versi UNESCO), artinya sama saja kayak harta berlian yang harus kita jaga kan ?

Kalau dibikin kaosnya, hasilnya bisa seperti ini. Sangat efektif nih untuk barang oleh - oleh sekaligus media promosi yang tahan lama. Mungkin sebagai langkah awal, Departemen Kebudayaan dan Pariwisata bisa mendanai untuk memproduksi secara masal dan dibagikan ke travel agent untuk bagian sebagai cinderamata buat pembeli tiket dengan nominal tertentu.

Logo baru ini juga bisa dibikin warna monokrom loh. Kayaknya tetep manis untuk dipakai.

Nah untuk slogannya kita pakai versi lama saja karangan pihak Departemen Kebudayaan dan Pariwisata saja yaitu “Beyond The Dragon Paradise” atau kalau bahasa nusantaranya adalah “Lebih dari sekedar Surganya Komodo”. Slogan ini memang sudah tepat menggambarkan pulau tersebut. Selain emang tempat surganya para kadal raksasa untuk beranak pinak dan bercengkerama, di luar itu pulau ini memang masih banyak banget pemandangan yang ciamik yang sayang untuk dilewatkan sebelum kita mati he he... Memang sayangnya masih belum banyak lokasi bagus yang belum disosialisasikan.

Jadi kalau diaplikasikan ke billboard gede trus di taruh di tengah kota macam Jakarta hasilnya kurang lebih kayak gini deh. Widiihhh Yahud abis dah pokoknya!
Harusnya sih lumayan ya buat mencuri hati untuk berkunjung, setidaknya bisa efektif terekam di hati kalau Pulau Komodo itu gak kalah gokilnya.
Mas Gembol cukup gelisah juga melihat beberapa billboard dengan spot strategis malah di isi dengan promosi pemandangan wisata negara Malaysia ?

Bisa saja nih kalau Departemen Kebudayaan dan Pariwisata sedikit menyisihkan dana untuk kampanye brand logo resmi baru ini ke pesawat - pesawat komersial semacam Garuda Indonesia Airlines. Lebih mantap lagi kalau bisa ditempel di pesawat - pesawat milik perusahaan luar negeri semacam Cathay Pacific atau Air Asia ? Logo Manchaster United aja bisa nempel segede gambreng, harusnya logo pulau bisa juga dong :P

Memang banyak hal yang harus diperbaiki dan ditambah selain masalah pencitraan, misalnya seperti perbaikan insfrastruktur, informasi cara akses masuk yang mudah dan murah, hingga paket wisata yang kreatif dan inovatif.

Supaya bisa membuat makin lengket calon wisatawan, Mas Gembol merancang sebuah maskot khusus untuk Pulau Komodo. Namanya Si Modo!, soalnya kalau Si Komo nanti dijewer sama Kak Seto He he.
Si Modo berbadan gemuk tapi sehat, berpakaian ala petualang alam tidak lupa kamera sebagai simbol wisatawan dan syal berwarna merah putih cermin dari negara Indonesia.
Berwajah ramah jauh dari image kadal raksasa yang buas dan pemakan daging.
Maskot ini bisa dijadikan acuan untuk pembuatan boneka sebagai merchandise resminya. Lebih asik lagi dibagikan secara gratis di pesawat komersial untuk anak - anak di bawah umur 12 tahun.
Lebih topmarkotop kalau Departemen Kebudayaan dan Pariwisata meresmikan Maskot Modo sebagai “official mascot” untuk “Visit Indonesia Year 2010”. Jadi bisa diberikan sebagai cinderamata untuk pejabat - pejabat penting, tamu - tamu istimewa

Saat ini Taman Nasional Komodo masuk sebagai salah satu kandidat dalam penentuan 7 keajaiban dunia kategori “Nature”. Mungkin hal ini yang paling mudah dilakukan oleh kita sebagai warga negara yang turut berjuang dalam mempromosikan Pulau Komodo di pentas dunia.
Caranya cukup “vote” di http://www.new7wonders.com/nature/en/nominees/asia/c/KomodoNationalParkNationalPark/
Sampai tulisan artikel ini dibuat, Taman Nasional Komodo sudah berada di urutan ke 8 besar loh. Jangan lupa kabarin ke teman - teman yang lain ya melalui Facebook atau Twitter untuk terus mendukung.

Dalam rangka mempercepat menuju rangking 1 dunia, Pak Menteri Desain berinisiatif untuk membuat sebuah banner yang tujuannya bisa dipasang oleh para Aktivis KDRI di blognya masing - masing. Banner ini juga boleh dimodifikasi apabila diperlukan.
Cukup copy paste script ini ya


Dengan memasang banner di atas ini, kalian sudah kami anggap resmi sebagai Aktivis KDRI yang telah mendukung kemajuan perkembangan pariwisata Pulau Komodo dan Taman Nasionalnya.
BTW yang sudah memasang banner di atas mohon PM saya yak! Biar bisa di database di sini.

BERGERAK!

Artikel ini juga diikutkan untuk kompetisi Blog Bubu Awards V06

Link Terkait :
http://www.new7wonders.com/nature/en/nominees/asia/c/KomodoNationalParkNationalPark/
http://komodonationalpark.org
http://www.indonesia.travel

Sumber Foto :
http://www.flickr.com/photos/31570032@N03/2957479453/
http://www.flickr.com/photos/thejerk/292167689/

Yang Sudah Masang Banner Vote Komodo :
http://whoeverme.blogspot.com
http://playyess.blogspot.com
http://jaxx-one.blogspot.com
http://daydaily.com
http://taman21.tk
http://www.mazbintang.co.cc
http://delicious-choco.blogspot.com
http://catatansiboncel.blogspot.com
http://pat-o-logy.blogspot.com
http://thi-kz.blogspot.com
http://zonanarsis.com
http://anaksemeru.blogspot.com
http://www.wartajazz.com
http://fajarembun.wordpress.com
http://www.agnezone.com/forum.html
http://www.facebook.com/pages/-AYO-DUKUNG-TAMNAS-KOMODO-SBG-7-KEAJAIBAN-DUNIA-/133976000280
http://pondok-edan.blogspot.com
http://myblog-kade.tk
http://neidjicrew.blogspot.com
http://benderakita.com
http://coratcoretblog.blogspot.com
http://createchno.blogspot.com
http://www.semshady35.co.nr
http://www.horizon-line.com
http://plantanimalia.blogspot.com
http://komunitasrestoeboemi.webs.com
http://stethoscopenyasichika.blogspot.com

109 Comments:

piNkkkkkkk said...

wahhh mantap logony beda bgt sm yg lama.. baguss2 ^^

bagus jg pulau komodo uda 8besar.. smoga bs naik terus :D

KEMENTERIAN DESAIN INDONESIA said...

Jangan lupa mbak Pink untuk berpartisipasi pasang banner Komodo biar rangking 1

Anonymous said...

Wah apik tenan mas wahyu ...yang berbau nasionalis aku dukung terus ...

KEMENTERIAN DESAIN INDONESIA said...

@anonim
dukungnya dengan pasang banner komodo ya! :p

♥♥♥ήέ_©ħάп♥♥♥ said...

itu masang bannernya...
tinggal dipasang aja kan...
kalo pasang disalah satu sidebar di blogku leh gak...

oldjamaican said...

keren bo...kalo kaosnya gratis aku mau 1 :P

ayom said...

Baguss Pak Menteri :P
dukung Komodo National Park
untuk menjadi salah satu 7 keajaiban dunia...

Bangsari said...

dahsyat banget bos...

frezt said...

cool..kerennnnnnnnnn

priandhani said...

aseli...
keren mas!!!

saya dukung...

KEMENTERIAN DESAIN INDONESIA said...

@ATCHO
boleh kok..tinggal di copy paste aja

dhira said...

keren banget logonya! makin keren deh indonesia.. oia, klo kaosnya ada yg warna putih lebih bgs lg loh

huseinmadya said...

keren banget pak menteri!
ternyata kementrian ini ga cuma berkecimpung di dunia desain tapi turut menciptakan image baru indonesia..

usul nih, di belakang kaos nya tambahin logo visit indonesia atau budpar :D

Zakwannur said...

Cool Pak.. Jadi Bangga pasang banner sekeren itu..
Mudah-mudahan Pulau Komodo semakin menarik perhatian turis.

The Hanggara-Bill Post said...

wah....

numpang copy bannernya yaa....

dukung terus pulau KOMODO!!!!!

Mac's Bintang said...

wah saya udah masang pak menteri design!
di blog saya di www.mazbintang.co.cc

semoga Pulau Komodo cemerlang seperti Bali
Maju Terus Pariwisata Indonesia!!

rdestriadi said...

pak mentriii logonya keren!! seger ! ..tapi knp ya "feel" maskotnya aga krg ngena sm logonya (warna sm imagenya ga se ekspresif logo) heuheu..

bonceltampan said...

udah dipasang pak menteri. lega ternyata ada yg promosiin juga. makasih yah udah bikin banner nya...
sekarang marilah kita berdoa...
:D

Patty said...

hello hello mas gembol (eh..apa pak mentri.?)
senangnya bisa main ke blog anda hehe :)
logonya bagus. lucu nih modo nya !
dah kupost tuh di side bar :)
ohya. ngmg2 soal design.
aku jg suka gambar2 iseng hehe..
main yaa..ke http://moonrune.deviantart.com

Thi said...

Haloo, Mas... Udah dipasang nih, di sidebar yg blogspot juga (Yg di wordpress membingungkan ehehe, jdnya di postingannya aja d..)...
Thanks ya..!
Indonesia beruntung punya orang2 seperti kamu... ^^

pallunetoz@yahoo.com said...

pak menteri logonya top banget.. cool keren n dinamis.. hehehe..
oh ya coba kalo instansi terkait (departemen kehutanan) make logo ini juga ya.. aku cobain usulin ke Dephut boleh ga pak gembolll..

KEMENTERIAN DESAIN INDONESIA said...

@palunetoz
boleh ..silahken :)

narsis said...

keren habis bos!! segera ku copy ke bannernya..

anak semeru said...

cak gembul...aq dah pasang lho...asli keren...maju terus INDONESIA!

lequoaila said...

Pak Mentri!
boleh g awak bawa ke Belandanya??

http://si-ppi-2009.com/
tanggal 30 kepastiannya..
oia,,

KM ITB juga gerak kesono, boleh ya dibawa juga...

http://km.itb.ac.id/web/

guntur said...

saya dukung pak menteri!
saya cukup prihatin melihat cara pemerintah mempromosikan event atau tempat wisata.
jika negara seperti malaysia atau singapore bikin iklan yg sangat bagus menggambarkan tempat wisatanya,iklan dari indonesia biasanya malah memperlihatkan pejabatnya...
guemessss!!!

Fhu said...

http://www.agnezone.com/forum.html dah dipasang juga mas..
heuu... keren + nice logo...

budijaya said...

logonya keren2 minta izin copas utk di pasang di Page kami:

http://www.facebook.com/pages/-AYO-DUKUNG-TAMNAS-KOMODO-SBG-7-KEAJAIBAN-DUNIA-/133976000280

sewa mobil murah said...

saya belom pernah ke pulau komodo,
harus pergi kesana nih....
nice post

nakmengwi said...
This comment has been removed by the author.
nakmengwi said...

Pak Mentri...
Saya sudah pasang bannernya pak...
Merdeka...

kiyouhero said...

Dukung selalu Indonesia Raya!!! hahahahahahaha.. Vote pulau komodo Indonesia (national Park) ^.^

NEIDJI CREW said...

pak menteri...thx buat logonya.....beda bgt ama yang lama. lebih bagoezt. buat semuannya...jangan cuma masang logo aja. vote pulau komodo...!!!!

Edy said...

Mas mentri...aku ikut pasang banner Komodo

Yudha said...

Sekarang sudah masuk 6 besar... mudah-,udahan sampai urutan 1

AnggaRifandi said...

pak menteri, bannernya sudah saya pasang di blog saya :D

keren euy logonya

ZonS said...

ya pasti dong dukung p. komodo...
izin pasang banner komodonya pak mentri di blog saya:

http://zons.wordpress.com

http://zondigital.blogspot.com


thanks, salam kenal
sukses terus dengan kementriannya :D

ZonS said...

Sekedar masukan mas, setelah diliat2, animasi tulisan di bannernya sepertinya terlalu cepat, jadinya tulisannya agak sulit dibaca.

Kalo bisa ada jeda lebih lama antara kata "VOTE!" dengan kalimat "AS NEW7WONDERS OF NATURE!!"

thanks

Debo x) said...

ikut pasang banner nya ya pak mentri :D maju terus indonesia!

budijaya said...

Minta izin Pak Menteri dan temen2 kami pasang/posting Link blognya anda semua yg sdh pasang Banner di Page ini:
www.facebook.dj/komodo

nama www.facebook.com/komodo keburu diambil bule :-(

wah kita emang serba telaat...Ayoo buruan Dukung terus KOMODO!!!

sem shady said...

pak menteri,,ijin masang di www.semshady35.co.nr

plantanimalia said...

i have been komodo banner in my blog
suggest my vote for komodo

link please

http://plantanimalia.blogspot.com/

.:STORMY'S BLOG:. said...

AQ JUGA PAKE AH
DARI BALADEWA MALANG
LAGI BIKIN WEB GRATISAN BUAT BALADEWA SELURUH INDONESIA

.:STORMY'S BLOG:. said...

http://komunitasrestoeboemi.webs.com/

fragaria said...

pak saya juga udahh pasang logonya... emang bagus sih warna-warni jadi menarik ^^

KOMUNITAS BLOGGER NTT said...

Terimakasih atas dukungannya telah membantu mempromosikan TN Pulau Komodo. Semoga menang di BubuAward yah :D

Salam

http://flobamora.org

ILHAM said...

Wah...designya bagus sekali...Setuju. Bahwa keindahan alam pulau KOMODO masih kurang di expose laiknya Bali. Menurut Info langsung dari turis yg berkunjung. Mereka lebih senang langsung ke Labuan Bajo untuk menuju TN Komodo karena keindahan alam itu. Sedangkan menurut mereka, apa yg ada di Bali, bisa mereka temukan di Negara mereka kok, kecuali budaya Bali yg masih kental.

Thanks atas bantuannya mempromosikan TN Komodo.

andyan said...

kok jadi posisi 8?
kemaren sempat posisi 7 klo nggak salah
aaah, tidaaaakkk...

Didik Mulato ST said...

Groups terbesar di facebook tentang vote komodo :

http://www.facebook.com/group.php?gid=107187604432

disty-share said...

bagus bgt gambarnya boss... ijin nmabah banner ya...

http://www.disty-share.co.cc

farhanvsgnk said...

anjir keren..gue vote pak mentri buat menang bubuawards juga deh..mantab2.salut2

Anonymous said...

hula,,, saya minta izin untuk ambil logo - logonya untuk di aplod di FB dan disebarkan untuk membantu mencari dukunagan... sebelumnya terimakasih......

deists said...

saya sudah pasang di sini...
http://kelompokdiskusi.multiply.com/

EMI said...

Salam kenal...Saya jg ikutan pasang :)

http://ernamegawatimanna.blogspot.com/2009/06/komodo-new-7-wonders-of-nature-why-not.html


Thank you

Wahyu Handoko said...

Putaran final vote 7 wonders telah dibuka kembali, dan pulau KOMODO masuk finalis, kini saatnya kita ikut vote kembali mulai 21 Juli 2009

Saya dan Anda semua ikut bantu untuk support Pulau Komodo sebagai 7 Wonders of Nature. Semoga dengan semangat kita bersama, kita bisa menjunjung tinggi kekayaan alam Indonesia.

Berikut saya minta tambahkan link yang saya kira cukup membantu rekan2 dimanapun untuk vote, karena setahu saya teman-teman di facebook ada yang hanya menjadi fans suatu group tetapi tidak melakukan vote karena ketidaktahuan mereka.

Link yang saya maksud untuk ditambahkan adalah:
01. http://www.facebook.com/notes.php?id=792162939
02. http://wahyuhandoko.blogspot.com/2009/07/vote-final-komodo.html

Mungkin untuk pengguna facebook ada baiknya memakai cara 01 karena mudah dan bisa di-share ke friends yang lain.

Terima kasih,
Wahyu Handoko

berillium04 said...

aku dah masang Mas..

Atik Ariyani said...

pak menteri..saya daptar masang logonya..:) blognya keren pak menteri.

maswa said...

desain yang "seperti biasa selalu" keren pak menteri...
saya comot bannernya buat dipasang di blog saya yah...

vernakular said...

numpang copy banernya sob...

komodoindonesia said...

Mas gembol... mau minta izin, fotonya boleh dipake untuk bantu promosi Pulau Komodo di twitter ngga ya? Yang foto pesawat bertuliskan Komodo Island, sama maskot "Si Modo", ditunggu izinnya yaaaaa :)

Anonymous said...

two tumb upppppp ... oke banget

remaja bali said...

sya dah pasang bos.., slam kenal ya monggo di jek di http://www.remajabali.blogspot.com

Yusmana Windarto said...
This comment has been removed by the author.
Yusmana Windarto said...

si komo dah kupasang di blog-ku. wah lumayan, keren. blog jelekku jadi agak mendingan. itung2 juga ikut mendukung komodo national park jadi salah satu 7 keajaiban dunia. proficiat...salam kenal semuanya, kapan2 mampir ke blog-ku ya. kasih saran dan kritik, maklum newbie. klik di :
www.yus-jurnalwartawan.blogspot.com

Anonymous said...

minjem pajang gambarnya ya pak mentri....
buat posting di blog....
sekalian sama bannernya....
makasih ya pak mentri....

MAPALA UIT Makassar said...

bagus banget logo sama bannernya....
pinjam pajang ya pak menteri....
terima kasih....

Gildo Kaldorana said...

Aku juga mau pasang.
Sebentar lagi saya mau bikin satu post dari pulao Komodo dan kalau saya edit aku pasang saja.
Salam dari spanyol.

eza said...

lapor pak mentri, saya sudah pasang bannernya di blog saya www.eza-kelilingdunia.blogspot.com makasih ya...

sitiojimbo said...

DUKUNG terus pulau komodo.
Semoga bisa terpilih menjadi 7 keajaiban dunia ya Pulau Komodo Indonesia ini. :)

dibz luv box said...

pak menteri mnt ijin ikut pasang bannernya d blog saya...
http://dibzluvbox.blogspot.com/

Abah Dali said...

Pak Mentri...
izin pasang bannernya
di web saya,,

warungabah.com


makasi

komodo said...

tutorial terbaru buat yg kesulitan vote komodo:

http://budihadmajaya.com/cara-vote-komodo-jadi-7-keajaiban-dunia.html

Awaluddin Jamal said...

okelah pak menteri..,

banner saya pasang juga..,

gembol faxee said...

waahhh... alahhhh... si gembol ndak punya kerjaan aja...ujung-ujung ya si gembol nyuruh orang masang ini dan itu di blog user....untuk mendapatkan uang saku... alias..jangan percaya pada gemboll...blog ini cman mimipi doang tidak ada realita yaaaa..... mana ada kementrian desain.... cman khayalan si gembol yang penganngguran aja yang gk punya kerjaan.....bregcexxxx...

windia said...

lucu bgt..! hahahaa..komennya kok lucu bgt, maksudnya lumayan langsung bisa merubah persepsi gue ttg komodo dan pulau komodo selama ini.. tiba2jadi "lucu bangeet..!"
..soalnya yg gue tau komodo kalo laper bisa haus darah, dan ngincer penjaga taman komodonya..

Awan said...

Salam pak menteri....

Kalo boleh aku minta logo sama maskot nya untuk buat program event..

Thanks...

miss bibliophile said...

waahhh..keren bannernya...dukung pulau komodo!!!

FayFarFam said...

bagus, OK bgt, saya pasang di blog jam-klasik ya. Thx

yo2e said...

saya juga mao ikut ambil bagian (icon tunjuk tangan), Terima Kasih, Maturnuwun, ThankU Masss.
Wassalam,
yo2e (Saudaranya si Komodo)

nasrul fatah said...

salut gan... numpang pasang du fb ya

Franky Suhanda said...

Menteri saya udah pasang bannerx..

http://edaniouz.blogspot.com/

belfend said...

pa Mentri

Ikutan pasang banner nya
di web ane http://www.belfend.info

semoga bisa jadi new 7 Wonders

Dheeny Thea said...

pak..ikutan pasang banner yak?
thanks

Anonymous said...

Mantappp ..
oia izin pasang banner kdri.. di blog ma FB...

Skullsplitter said...

Mas mentri, udh saya masukin ke dalam webpage saya...
Btw msh terima desain gk ya? saya baru tau ada web-nya mas mentri...:)

Chairlz said...

Salam Perjuangan Pak Mentri !!
aku dah pasang banner di blog aku http://chairulghazwan.blogspot.com,
bloggku jadi lebih bagus dipasang banner komodo..

Vote trus Komodo 1sland number 0ne !

Christian said...

bagus logonya. tapi maskotnya kurang sesuai dengan logonya. mungkin maskotnya dibuat seperti kartun yg simple, tanpa outline. warnanya yg menarik, misal abu2. thanks.

rifky terrong said...

saya udah pasang logonya :)

Roshita said...

pak Mentri...saya sudah pasang bannernya, ikut mendukung pulau Komodo

its Criz said...

ngikut pasang ah... bangga nih komodo biasa terkenal kemana-mana...

Muhammad Amin Shodiq said...

numpang pasang di blog yaaa..

http://muhammadamin13.blogspot.com/

COCONUT HEAD said...

udah juga...
cek
http://coconutheadband.blogspot.com/

ningnong said...

numpang juga buat pasang banner di blog... check out http://senenkliwon.worpdress.com

Vote for Komodo Island...!

Belly Surya Candra Orsa said...

Great Blog..!!!! Keep Blogging.... :)

blog favorit ane ni..
moga pulau komodo jadi salah satu seven wonders

anugrha said...

vote for pulau komodo...

Odien86 said...

Good....

emon_shares_some_stories said...

saya lgsg jatuh hati pas ngeliat logo ini beberapa waktu lalu, pas awal2 gencar2nya promosi pulau komodo.ternyata bukan desain asli dari kementrian pariwisata, tapi dari kementrian desain :D

Rifqi said...

Bagus bannernya..
Numpang masang banner nih ke blog

Reza Kurniawan said...

lapor gann
bagus euy banner nya.
numpang copas ke blog ane ya
di
kurniawanreza.blogspot.com

Anonymous said...

Bagus pak Menteri dukung terus pulau Komodo kami dukung dengan sepenuh hati..

Yasmin said...

kerenn kerenn

Warwolf said...

some-quote.blogspot.com juga telah memasang banner nya bisa di tambahkan ke daftar om

Danang D. Cahyadi said...

Nice Blog Masbro!
Ijin nampilin maskot si Modo di blog ane...ane kebetulan pemerhati satwa, tp dngan cara yg berbeda...

bombenk said...

Nice Blog Om!
Ijin nampilin maskot komodo di blog saya punya yeee....

KEMENTERIAN DESAIN INDONESIA said...

wah ternyata di sini rame juga ya? maaf kelamaan ninggalin kalian, banyak kerjaan.hehehe..yg mau nyebarin sebagai kegiatan mendukung pelestarian komodo, ayooo jangan sungkan...:)

riez said...

Ikut dukung euy...bannernya keren...sudah saya sematkan diblog saya..suksess buat Komodo

ambar said...

artikelnya kren
kita bisa b'tukar info d web kmi http://unsri.ac.id

airport pickup w2 said...

This is my first time I visit here. I found so many interesting stuff in your blog especially its discussion. From the tons of comments on your articles, I guess I am not the only one having all the enjoyment here! Keep up the good work.
heathrow to w2 | southend to w2

Mas'ud Wijaya said...

minta ijin untuk menggunakan logo komodo untuk dipakai di salah satu produk unggulan dari toko kami Tectona-G brand kaos-kaos konservasi dan taman nasional...🙂, boleh ga pak mentri?