Monday, May 18, 2009

BOLU DAN BALONNYA


Kepada Yth:
Bpk. Menteri KDRI

Dengan hormat,

Terinspirasi oleh 'banyaknya anak-anak Indonesia yang menyukai bacaan/film luar negeri, juga sering bangetnya saya mendengar anak-anak Indonesia melantunkan lagu-lagu orang dewasa (pengamen anak2 kecil tidak ada yang menyanyikan lagu2 yang memang diciptakan untuk anak2 kecil, misal; lagu bintang kecil, lihat kebunku, dll.)' maka saya coba mendisain buku cerita anak-anak, dengan judul 'BALONKU ADA 5'

Latar belakang;
Balon terbuat dari bahan karet, berarti balon bisa dibentuk menjadi apa saja. Hal ini akan mudah masuk di logika anak kecil.

Ringkasan cerita;
Ada anak kecil yang bernama BOLU, Nyokap & Bokapnya sudah meninggal. Dia tinggal bersama neneknya.
BOLU rajin belajar & bekerja membantu neneknya. BOLU miskin. BOLU dijauhi oleh temen2nya karena belum punya apa2 yang bisa dibanggakan, tapi tetap saja BOLU menjalankan kegitaan sehari-harinya dengan ceria.

Pada suatu pagi hari, disaat BOLU sedang bekerja, tiba2 BOLU menemukan bola yang terbuat dari batu. Ada peri cantik yang menyuruhnya membawa pulang batu tersebut ke rumah. Batu itu cukup berat bagi BOLU. BOLU tetap berusaha agar bola batu tersebut bisa sampai ke rumah. Ups! Meski dengan bersusah payah akhirnya bola batu sampai di rumahnya. Segera BOLU memasukkan bola batu tersebut ke kamarnya.

Malam harinya, disaat BOLU sedang tidur, muncul Peri cantik dan membangunkan BOLU. "BOLU bangunlah, dan gosoklah bola batu itu", perintah si Peri.
Kemudian BOLU bangun dan segera menggosok bola batu itu. Apa yang terjadi !! Setelah digosok-gosok, berjatuhanlah butir-butir batu kecil.dan berubah menjadi bola-bola batu.. Bola-bola batu bertambah jumlahnya. Menjadi 5 buah!

Atas perintah si Peri cantik, BOLU harus menggosok ke 5 bola batu tersebut.
Dengan berusaha keras BOLU menggosok bola-bola batu tersebut. Tiba2 bola batu yang telah digosok-gosok itu berubah warnanya;
Ada warna HIJAU !, KUNING !, KELABU ! MERAH ! dan BIRU ! BOLU terkejut, heran, bingung sekaligus senang! melihat bola batu berubah warna, menjadi warna-warni. .........

"BOLU, sekarang istirahatlah", perintah si Peri cantik.

Suatu hari, disaat BOLU tidur nyenyak, tiba-tiba ke-5 bola itu bergerak pelan, dan dari permukaannya muncul seperti tali-tali warna hitam. Wow!!..tali-tali itu ternyata membentuk tangan dan kaki. Ke-5 bola berwarna itu bergantian berdiri ! Mereka juga telah punya mata dan mulut....YA ! mereka bisa berjalan dan bicara! Seperti anak-anak biasa, ke-5 bola tersebut yang telah bisa berjalan & bicara, memiliki sifat & karakter yang berbeda-beda. Kemudian, tanpa disuruh, ke-5 bola berwarna itu berdiri mengellingi BOLU yang sedang tidur, seolah-olah ingin melindungi BOLU tidur.

SELAMAT PAGI BOLU !!!....serentak ke-5 bola itu menyapa BOLU, disaat BOLU bangun tidur. BOLU sangat kaget & ketakutan.
"Haloo...BOLU, jangan takut, kami adalah BALON yang bisa bicara & bisa berubah menjadi apa saja, kami tidak akan menyakiti kamu. Tapi sebaliknya, kami siap berubah menjadi apa saja yang kamu inginkan, dan MEMBANTU KAMU ". sapa ke-5 balon itu serentak.

Setelah BOLU tenang dan tidak takut, mulailah satu per satu balon itu memperkenalkan diri;
"Halo, Namaku si HIJAU, aku bisa berubah menjadi apa saja yang kamu inginkan, dan siap membantu kamu" .
"Halo, Namaku si KUNING, aku bisa berubah menjadi apa saja yang kamu inginkan, dan siap membantu kamu".
"Halo, Namaku si KELABU, aku bisa berubah menjadi apa saja yang kamu inginkan, dan siap membantu kamu".
"Halo, Namaku si MERAH, aku bisa berubah menjadi apa saja yang kamu inginkan, dan siap membantu kamu".
"Halo, Namaku si BIRU, aku bisa berubah menjadi apa saja yang kamu inginkan, dan siap membantu kamu".

Setelah mereka berkenalan, dan suasana akrab, mereka bersama-sama menyanyikan lagu 'Balonku Ada 5'

Balonku ada 5
Rupa-rupa warnanya
Hijau kuning kelabu
Merah muda dan biru
Meletus balon hijau DOR ! ( "Boleh tu dicoba animasinya waktu balon hijau meledak, & kembali ke bentuk bola" )
Hatiku sangat kacau
Balonku tinggal 4
Kupegang erta-erat.

Begitu cerita singkat awal petualangan BOLU bersama teman-temannya.

Semoga Cerita ini menggembirakan Bapak Menteri, dengan begitu saya boleh melanjutkan cerita petualangan si BOLU bersama teman-temannya.
TERIMAKASIH.

Hormat saya,
Yosep. S

- - - - - -

Wah sungguh luar biasa semangat Mas Yosep dalam membuat cerita untuk anak. Bagi ibu bapak yang pingin ngedongengin buat buah hatinya, cerita di atas ini bisa jadi bahan rujukan hehe.. Buat Mas Yosep lanjutkan! TTD Mas Gembol

1 Comment:

Anonymous said...

BALONKU ADA 5,
RUPA2 WARNANYA

MERAH (1)
KUNING (2)
KELABU (3)
MERAH MUDA (4)
DAN BIRU (5)

MELETUS BALON HIJAU (6)