Friday, December 26, 2008

RUMAH GADANG DIKLAIM MALAYSIA! ADUH!


Wah Piye iki, barusan Mas Gembol mendapatkan info dari aktivis KDRI tentang sepak terjak negara tetangga kita "Malaysia" dalam hal claim mengclaim.. berikut ulasannya dari Mas Surya (dirumuskanmenjadi@yahoo.com) ..

kemarin saya lagi search gambar rumah gadang di google. kebetulan juga saya lagi liat liat post di kdri yang lama . yang tentang situs malingsia di hack. saya coba buka deh, lalu saya sampai di kalender event pariwisata malaysia yang jdulnya pameran rumah tradisional malaysia (http://www.heritage.gov.my/programs/aktiviti/16/) saya melihat ada yang aneh . ada gambar rumah gadang yang saya temukan di google yang disana ulasannya tentang rumah gadang indonesia . (http://www.indonesiamedia.com/2007/09/mid/budaya/Suku.htm) saya sedikit kesal ngeliatnya . kalo salah maaf ya mas mentri.

Ini mengenaskan! Ayo kita klaim kembali rumah Gadang kita! Ketik REGRUMAH GADANG MILIK INDONESIA Kirim ke JERO WACIK di 081 ..(nah ini yang susah..saya ndak tau nomer lengkapnya :p ada yang tau ?)

Semoga Menteri Budaya & Pariwisata lebih giat bekerja lagi sampai begadang dalam mengklaim rumah Gadang.

Terima Kasih Mas Surya untuk infonya!

6 Comments:

VReza said...

di daerah negeri sembilan emg byk rumah gadang, byk org malaysia minang. bner itu foto rumah gadang indonesia, atau rumah gadang negeri sembilan?

a e r said...

bisa dimengerti lah kalo di negeri sembilan ada rumah gadang...

TAPI itu gambarnya sama persis dengan yg di indonesiamedia.

*ga ada kamera apa ya*

mastongki said...

sebenernya kan heritage itu nggak bisa dipatenkan, namun bisa diakui. Sayang Malaysia begitu

sidaut said...

MalaysiANJING!

Anonymous said...

maaf sebelumnya....
saya asli orang minang (padang)..
sebenarnya rumah gadang yang di malaysia itu memang asli punya mereka..
dan di indonesia juga asli punya indonesia...
coz raja yang menguasai daerah negeri sembilan (malaysia) kakak beradik dengan raja yang menguasai daerah sumantra barat (indonesia)....
makanya rumah gadang juga ada di malaysia tu..

Anonymous said...

Hmm.. Coba anda pikirkan,mengapa ada makam pahlawan nasional Indonesia di Malaysia??Mengapa juga ada makam tokoh kiri Malaysia di Kalibata?? Ini semua membuktikan bahwa kita ini serumpun.Orang Minang datang ke Negeri Sembilan karena Tuanku Tambusai yg melarikan diri dari Riau.sehingga keturunan (minang) bertebaran disana,makanya disana banyak rumah gadang karena sebagai tempat tinggal mereka.Sama saja seperti Jawa di Suriname.