Thursday, December 25, 2008

068 - YES WE ARE ALL DESIGNER

Karya : AM. Wantoro - Bandung
AM.Wantoro_black
AM.Wantoro_white
Kata Kreator :
Ide awal desain kaos ini didasari sama artikel yang dibuat teman saya diblognya (dengan judul yang sama). Bahwa siapapun kita, pada dasarnya lewat aktifitas2 sederhana harian, telah dan sering menerapkan pola desain didalamnya. Lewat pemilihan warna cat yang cocok untuk pagar dan tembok rumah kita sewaktu akan lebaran, pengkomposisian letak tempat tidur dan barang2 dikamar kontrakan kita yang sempit atau pemilihan baju & rok saat ibu kita akan kondangan dsb adalah aktifitas2 yang pada dasarnya juga terjadi pada eksekusi desain.

Yang membedakannya, mungkin hanya wacana profesi saja. Makanya, desain diatas mencoba mengangkat hal tsb. Saya menampilkan Nevile Broody, David Carson, Tibor Kalman dkk sebagai representasi desainer "mapan" yang selama ini kita anggap sebagai simbol kehebatan seorang desainer. Sultan Hamid II & Fatmawati Soekarno sebagai representasi dari hal lain yang tak boleh dilupakan. Mereka berdua adalah kreator (baca juga : desainer nasionalis) lambang negara kita Garuda Pancasila & bendera Merah Putih. Terus, siapa Ujang, Rodiah & Pi'i?..hehe, ya mereka itu adalah representasi dari "orang-orang biasa" disekitar kita yang juga menerapkan pola pikir desain dalam prilaku keseharian nya. Yang mengkombinasikan warna cat rumahnya, menata kamar kontrakan juga memilih baju kondangannya. Mereka juga Desainer!! sama seperti kita..hanya mungkin dalam konteks yang berbeda.
Dan perlu dicamkan adalah bahwa profil2 (beserta nama seperti Ujang, Rodiah dan Pi'i cuma ada di Indonesia..jadi disitulah letak nilai lokalitasnya!). Jadi mulai sekarang teriaklah : We Are All Designer!!!

PS ; Art (visual) direction desain diatas mengadaptasi desain poster yang dibuat oleh studio Pentagram. Pop, witty, direct and typography driven

Thank's for your choice...^_^



Lebih Lanjut tentang Lomba Kaos KDRI >>

3 Comments:

Shindu B Raditya said...

Not bad lah...+1 for u

Anonymous said...

Certainly, never it is impossible to be assured.

Anonymous said...

I am final, I am sorry, but you could not paint little bit more in detail.