Wednesday, December 24, 2008

059 - KAOS BAGOES TJAP KDRI

Karya : AM. Wantoro - Bandung
AM.Wantoro_army
AM.Wantoro_cream
Kata Kreator :
Ide awal desain kaos ini didasari sama hobi saya yang seneng "mungutin" label-label makanan ringan warungan (krupuk, kripik, kacang dsb). Makanya, Art direction-nya juga dibuat ke arah sana. Lay-out yang simetris, minim warna, menggunakan bentuk2 pita dan sekitarnya. Ada sosok pejabat sebagai representasi pak Menteri desain (sory, kalo kegantengan bikinnya..hehe). Warnanya juga dibuat2 rada pastel-jadul, supaya berkesan klasik, mengingatkan kita bahwa pola-pola desain2 semacam ini sebenernya telah begitu lama "menemani" kehidupan sekitar kita, pada poduk2 kebutuhan sehari-hari kita tapi sering kita melupakannya. Saya pikir sesederhana apapun label-label tsb dibuat (baik desain maupun teknik produksinya), tetap merupakan artefak visual berharga yang merepresentasikan "sebenar-benarnya" budaya kita (karena kita cuma akan temui di negara kita..)

Lagian orang-orang juga mulai bosan dan gampang menebak simbol visual apa yang akan ditampilkan kalo para temen-temen desainer mo angkat nilai lokalitas pada desainnya..lagi-lagi wayang, keris, batik, bendera atau sejenisnya! Hehe..pokoknya yg tradisional2 atau patriotiklah, jarang yg eksplorasi desain2 vernakular. Padahal negara kita terlalu kaya referensi visual. Makanya saya berusaha membuat diferensiasinya.

Tapi jujur, saya sebenernya lebih seneng kirim desain ini sebagai identitas "divisi dagang" nya KDRI ketimbang cuma sebagai prasyarat lomba..Hehe! Kecuali jika panitianya "maksa" saya untuk tetep bersedia majang karya saya di postingan lomba dan pada akhirnya mereka akan berhutang pada saya dan hanya bisa ditebus dengan memenangkan desain saya..loh, :)

Pilih yha...



Lebih Lanjut tentang Lomba Kaos KDRI >>

6 Comments:

Shindu B Raditya said...

^_^ katro mode on, tapi bagus!!
+1 for u

DEKAVETIGA03 said...

rock!!!kreeen....

ata said...

wess......wanturo ikut juga lu...
hehehe...jadul mode.
semoga menang ya..... GW! HAHAHAHAHAHA...........

*wanwan said...

keren keren

Ade M. Wantoro said...

ah..biasa aja koq!!hehe...pasti atuh!

Anugerah said...

keren... :D