Sunday, December 21, 2008

036 - BADGI

Karya : Max Fizz, Depok
BAGDI-White
Kata Kreator :
Tema dari desain adalah terinspirasi dari yang namanya CMYK (cyan-Magenta-yellow-black),

sebuah mode warna yang terkait atau mengacu pada komponen warna dasar yang dipadukan untuk menghasilkan ragam warna yang berbeda pada suatu desain, untuk dicetak pada media tertentu .

sehingga bagi saya cukup mewakili jikalau desain kaos ini sepintas dilihat maka orang akan tahu kalau itu bentuk CMYK dan pastinya merujuk pada dunia desain.

nah karena dasar itulah saya mengambil tageline dari desain kaos ini yaitu [BAGDI Be A Good Designer in Indonesia] yang berarti Jadilah Desainer yang baik dalam hal akan desainnya, dan pertanggung jawabannya.

dalam penerapan desain "CMYK" ini serta dengan tema yang diusung oleh KDRI, maka warna CMYK itu sendiri adalah 4 burung GARUDA PANCASILA serta tambahan 1 yang mana bentuk asli GARUDA PANCASILA.

menanggapi perihal salah atau tidaknya pemakaian simbol negara khususnya GARUDA di dalam penerapan ke suatu media atau yang lainnya,

menurut saya kenapa harus dilarang??? selama itu tidak menghina negara serta tidak menyebabkan suatu perpecahan justru kita sebagai desainer harus bebas berekspresi dalam berkarya!

bebas dalam arti juga harus sesuai dan sewajarnya saja, kalau toh desain-desain yang banyak memakai unsur simbol negara lalu dicekal oleh negara sendiri, bagaimana dengan logo garuda pada VISIT INDONESIA???

sedangkan itu jelas-jelas negara yang buat dan malah sebagai icon logo disetiap acara yang bertema pariwisata, guna menggaet para turis luar???? sungguh ironi memang kalau negara masih saja menanggapi karya seni yang memakai simbol negara malah dikatakan HARAM untuk di desain ulang atau diubah bentuknya.

Well... itu saja tanggapan serta dasar saya mengapa menggunakan simbol negara dalam hal desain kaos yang saya buat ini (dan desain-desain kaos saya yang lain).

intinya dari desain kaos ini yaitu Mari jadilah desainer Indonesia yang "baik" dalam segala hal!


MERDEKA BUAT DESAINER INDONESIA!!!!! MERDEKA KAN IDE DI KDRI!!!!!



Lebih Lanjut tentang Lomba Kaos KDRI >>

1 Comment:

Shindu B Raditya said...

Agak bingung nih, koq saya suka tapi gak terlalu suka jg, garuda polos kayaknya ganggu aja.. tp aq pilih yes aja deh