Wednesday, November 12, 2008

logo Persiba Balikpapan

kali ini tentang Persiba Balikpapan. logo klub sepakbola ini persis logo kota balikpapan juga. jadi ya semacam tinggalan tradisi masa perserikatan. tetapi kan jaman sudah berganti, harusnya semangat juga diperbarui. kalimantan timur, selepas otonomi daerah diberlakukan jelas mengalami kemajuan. hitung saja berapa venue sepakbola yang digunakan saat PON lalu, selain stadion utama Palaran ada pula stadion2 madya lainnya, kalau gak salah satu di tenggarong, di balikpapan juga ada -meski lebih kecil kapasitasnya-. itu artinya, potensi pengembangan sepakbola Kaltim sungguh luarbiasa, sudah ada fasilitas, tinggal dikembangkan saja kreatifitasnya.

SEBELUM

ya seperti bisa dilihat logo Persiba Balikpapan saat ini; tipikal logo kabupaten/kota. yang spesifik dari logo ini adalah tameng nya. itu tameng tradisional (yang di tengah, di bawah bintang). karya yang luar biasa dari keluhuran bangsa, tapi sayang yang di logo kurang jelas.


SESUDAH

mengambil fokus di beruang madu, julukan tim ini. pakai tameng juga tetapi buat shielding aja, biar ada kesan eropa, heheheh (posisi nya sengaja dimiripin kayak AS Roma), ada satu bintang gede di bawah beruang, cuma ambil dari logo lama aja, ditaruh di situ. kombinasinya hitam-biru, hitam diambil dari logo terdahulu. warna biru kenapa? itu karena warna jersey tandang tim ini, jadi logo menyesuaikan

untuk sponsorship di jersey, kenapa tidak kalau kita pasang Royal Dutch Shell. kenapa? karena memang Shell sangat berhutang pada Balikpapan. dulu di tahun 1890-an, mereka (sebelum menjadi Shell saat ini) menemukan cadangan petroleum di bumi Balikpapan, mulai saat itu pula Balikpapan didirikan. kekayaan minyak kota itu telah berkontribusi banyak bagi perekonomian Belanda, dan juga salah satu yang punya andil dalam pembentukan Shell. lalu mana balas budinya, boleh dong kalau dipertimbangkan untuk menyeponsori Persiba Balikpapan atau Persisam Samarinda? semoga tergerak.



ayo dong tim-tim Indonesia, yang semangat cari sponsornya. untuk kepentingan kita bersama. tim2 yang berlaga bukan punya orang-orang dari masing2 daerah. mereka semua adalah milik kita. mari dukung semua tim. Indonesia satu, Indonesia Bisa!

Penghargaan yang besar kita haturkan kepada Pemerintah Daerah Kalimantan Timur, atas perkembangan yang luar biasa. semoga "Indonesia Masa Depan" itu juga muncul dari sana. kita pantas bangga akan Kalimantan Timur.


14 Comments:

fisto said...

sponsornya harusnya Total, Chevron atau Pertamina...it has nothing to do with Shell...

kafe-sophie said...

Pertamina sudah dipakai di jersey arema malang di desain KDRI sebelumnya. total dan chevron sudah disiapkan untuk tim-tim lain. kebetulan di Kaltim ada banyak tim bola yang potensial, untuk Balikpapan, digunakan shell karena unsur historis saja. nothing to do? many things we can do! Indonesia Bisa!

kafe-sophie said...

Rum Muhammad wrote:
ralat!
warna biru bukan warna tandang, tetapi kandang. warna tandang Persiba Balikpapan adalah putih dengan strip biru. terimakasih

Nusantarathropus wongndesonensis said...

Wow, keren banget. Simpel, jelas dan eye catching.
mmm, Tapi bentuk beruangnya kok kayak beruang kutub alaska ya. Kayaknya beruang madu gak kayak gitu. Soalnya sy pernah liat di taman safari n kebun binatang yogya. Anatomi beruang madu lebih kecil, langsing tapi berkesan gesit dan cerdas.
Coba ditinjau lagi. tapi secara umum pokoke keren bgt

DekAgil said...

bagus..tapi sayangnya beruang madu ga gitu bentuknya :D

amin said...

semakin lama semakin jos...!
disini ada teknologi mengungkap misteri keampuhan keris

Suwandi Tandrin said...

itu gambar stadion samarinda bro... bukan PERSIBA... he he he..........

harusanya PERSISAM = PUTRA SAMARINDA

Rum said...

iya, itu stadion palaran. boleh juga kan Persiba main di situ, makanya di penjelasan, saya singgung soal Persisam juga.

yoedha said...

boleh juga, jadi kesan kaya AS Roma (walau saya lebih nge fans sama Lazio...) sebagai warga Balikpapan saya mengapresiasi yang setinggi-tingginya... thanks bro...

Anonymous said...

tul tuh beruangnya malah beruang kutub, nuansa lokalnya malah jadi ngga berasa malah jadi kaya ilang identitas Balikpapannya ..... tapi tetap semangat

phery said...

buat ams rum, mohon dibuatkan juga untuk logo PSS Sleman dong, secara temanggung deket sama sleman. Selain itu PSS kan juga punya stadion bertaraf internasional yang bisa memiliki nilai jual tinggi kalo jersey nya bagus.

Persisam.cyber.mania said...

di std palaran di cantumin jg logo persiba desain rum ????

hhhee maaf mas, std palaran itu std di samarinda. seharusnya kalau balikpapan bagusnya pake std persiba pertamnia aja.

karena palaran adanya di samarinda dan lebih berhak PERSISAM putra SAMARINDA yg memakainya.

mohon klarifikasi

Rum said...

oke Bro!

aer said...

kok mirip as roma ya (: