Wednesday, October 29, 2008

GHATOTHKACH ?


Ghatothkach ? ... istilah Gatot Kaca versi India kah?.. kalo bener...brarti saya baru ngeh kalo Gatot Kaca bukan nama asli dari Indonesia yak?..tapi terispirasi dari India ? Bener ndak sih?

6 Comments:

Antonius Bram said...

siapa nich yang punya HAKInya sekarang?

Anonymous said...

Sekedar info...

Gatotkaca (Sangsekerta: Ghattotkacha) adalah salah satu tokoh dari cerita Mahabhrata.

Cerita Mahabhrata dan Ramayana sendiri bukan berasal dari Indonesia...tapi aslinya dari India.

Dan kenapa kok banyak sekali yg mengidientikan cerita tsb dengan Indonesia? Jawabannya ya karena di Indonesia dulu memang banyak kerajaan Hindu, ya otomatis orang-orang pribumi kita mengadopsi budaya Hindu/India....

Bahasa Sangsekerta (Sanskrit) sendiri aslinya memang bahasa kuno di India sono...

Jadi yaaa...gatotkaca, pandawa lima, kurawa, rama, sinta, dsb itu semuanya BUKAN budaya asli kita..

NAH LHO!?

Anonymous said...

Eh saya ralat dikit...maksud saya Bahasa Sanskerta, bukan Sangsekerta..hehehe

Rum MUHAMMAD said...

Bener, versi Indianya, sebetule cerita pewayangan itu adalah epik2 hindu. kenapa karena 500-600 tahun lalu kan kita Hindu semua. majapahit empire pun kan orang2nya banyak etnis India, makanya tangguh. lagi pula kan dapat bantuan2 budaya juga dari kerajaan2 India, misalnya dari Kalinga atau Orissa.
nah kalau temen2 India pasti tertarik kalau kita juga bicarakan wayang, karena mereka akan langsung mengenali tokoh2 yang sedang kita bicarakan. karena tempat kejadian epik2 itu (misalnya hastina pura, madukara, alengka dll.) ya di daerah India sono, di utar pradesh, madya pradesh, punjab dll.

bahkan maskapai penerbangan kita, Garuda, adalah karakter mitologi india juga, garuda adalah tunggangan dewa wisnu. begitulah. kalau saya sih lebih suka menyebut bahwa indonesia (srivijaya- majapahit) adalah indianized world bersama dengan bagamnyo (burma), ayuthaya (thailand), champa (vietnam) yang lekat unsur2 hindu-buddha. bukti pula bahwa dulu India adalah yang pegang kendali globalisasi, nah saya yakin di masa depan, India juga pegang kendali globalisasi lagi; oleh karena IT dan outsourcing nya.

begitu.

Resodimedjo said...

yah.. kalo yang ini iklasin aja..
emang bukan punya kita..
punya kita adl semar, petruk, gareng, bagong..

adons said...

eh bukan punya kita ya, udah di patent blom nih sama india? yuk duluan.. biar dapet royalti...... ahakahkaha