Wednesday, March 12, 2008

MAS GEMBOL DI METRO TV PADAMU NEGERI


Hari Jumat yang lalu, Mas Gembol diundang oleh Metro TV sebagai narasumber untuk acara "Padamu Negeri" bersama narasumber lainnya yaitu Pak Rahardi Ramelan, mantan Menteri Perdagangan & Perindustrian era Pak Harto.

Topik yang dibahas adalah masalah ekonomi kreatif di Indonesia. Menurut Mas Gembol, ekonomi kreatif di Indonesia belum disosialisasikan secara luas ke masyarakat umum sehingga mereka belum paham definisi ekonomi kreatif. Bahkan banyak pejabat pemerintahan yang nggak ngerti ekonomi kreatif...(Padahal SBY sudah pernah gembar gembor 2 kali kalau Indonesia musti meningkatkan ekonomi kreatif).

Menurut Departemen Perdagangan, ekonomi kreatif itu terdiri dari 14 unsur yaitu Desain Fesyen, Kerajinan, Periklanan, Penerbitan & Percetakan, Televisi & Radio, Arsitektur, Musik, Desain, Layanan Komputer & Piranti Lunak, Pasar Seni & Barang Antik, Riset & Pengembangan, Film Video & Fotografi, Permainan Interaktif, Seni Pertunjukan. (fiuhhh)

Mas Gembol juga mengutarakan sebenarnya ekonomi kreatif itu sudah jalan walaupun tidak digembor - gemborkan... terbukti sesuai data Badan Pusat Statistik, industri kreatif di Indonesia menduduki peringkat ke 9 dari 10 lapangan usaha utama dengan nilai PDB sebesar 79 triliun rupiah.

Ada 3 solusi yang diutarakan Mas Gembol untuk meningkatkan industri kreatif yaitu mentraining orang - orang yang berbakat, dukungan pemerintah untuk meningkatkan export, serta memperbaiki akses ke sumber pendanaan.
Namun ada yang lebih penting dari semua ini yaitu rakyat kita harus berpikiran kreatif apapun bentuk industrinya..karena Mas Gembol berpikir bahwa kita ini sedang menuju masa transisi dari era informasi ke era kreatif! (urutannya adalah era pertanian > era industri besar > era informasi > era kreatif).

2 Comments:

huseinisme said...

maju terus pak menteri, sosialisasikan industri kreatif di indonesia!

trapz said...

waw...ga nonton episode yg ini

di youtube ada ga ya...