Thursday, January 03, 2008

BURSA EFEK INDONESIA

SEBELUM

Semula bernama Bursa Efek Jakarta (BEJ), karena merger dengan Bursa Efek Surabaya maka dirubah menjadi Bursa Efek Indonesia (BEI).
Pembuatan logo dilakukan dengan sistem kompetisi dengan hadiah 100 juta untuk pemenang pertama. Kabarnya tersaring 2000 partisipan dari seluruh Indonesia.
Tapi why oh why?...pemenangnya kok seperti ini?...
Komentar kami adalah RUWET! seperti ceker ayam mencabik - cabik bumi Indonesia.
Mungkin kalo goresan putih itu lebih diseriusin lagi mungkin bisa lebih elegan..

SESUDAH

Dibikin simple aja...intinya Bursa Efek Indonesia bisa mendunia (2 goresan membentuk setengah lingkaran)

Diaplikasikan di apapun juga lebih mudah...

Sehingga apabila disejajarkan dengan Bursa Efek dari negara lain masih relevan lah

39 Comments:

Aulia said...

Jadi penasaran sumbission yang lain kayak gimana aja kok yang itu bisa menang.

kunthoz said...

bukannya iri ga dpt tu hadiah or kebanggaan ya.. kalo bener2 desainer, harusnya si malu cuma bisa bikin kyk gitu pak menteri.. masih mending pak menteri bilang ceker ayam, daripada dibilang bulu kok bulutangkis.hehehe

imoel said...
This comment has been removed by the author.
ojat said...

jangan2, yang menang tuh temennya juri, ato yaa orang dalem hahaaha *suuzon mode: on

Irfan Setiawan said...

biar ngga mengulang kejadian logo jelek kaya gitu,
laen kali ikutan KDRI musti ikutan sayembaranya! :D

Raffaell said...

yah, mayan lah, tapi ada kontestan lain nya ngga ?

Anton Hilman said...

Wah kayaknya sama dengan logo pandi dah dikompetisikan ko malah seperti itu hasilnya yah?hadiahnya 100jt gilaaakk

imoel said...

mirip ama punya tokyo n toronto, tapi keren kok...

Anonymous said...

jujur gw mlh gak suka ama logo yg mas mentri bikin,.... terkesan terlalu ortodok,.. gak ada kesan kearah modern,... jaman dah modern mas... logo bisa apa aja yang penting makna dari logo itu yang penting...
maaf mas.....

Pembangkang said...

ayas jg kurang sreg ya pak.. logo isx pak mentri perlu diremake.. warna merah dan huruf i yang bikin agak keliatan gimana gitu.. aku mo ikut malah telah logo isx nya...

Jauhari said...

Kok Desain sampean ndak di ikutkan kontes dulu mas? saya rasa lebih PAS jika logo itu yang dipake... ;)

daengrusle said...

cukup banyak perush mengganti logo, mungkin mengganti image menjadi lebih mentereng,

tp ada survey gak apakah ganti logo itu berbanding lurus dgn peningkatan image, juga performance nya?

good posting pal!

Anonymous said...

kali aja tuh yang menang udah janji mo bagi-bagi 100 juta-nya ama panitia. jadi wajar kan dia bisa menang..
o iya,. kemaren saya ada baca berita bahwa bank mandiri juga berencana ganti logo. coba aja pak menteri desain duluan, sapa tau bisa menang..

Anonymous said...

w setuju banget sama anymous. menurut w desainnya pak menteri jadull abiezzzz. mendingan logo barunya itu. lebih tegas n keliatan modern

Anonymous said...

Ssori sblmnya...
Logo isx nya pak mentri, bagusnya to produk minyak pelumas dehh...

Logo isx (resmi) yg menang, ruwet banget... finishingnya gak bagus...
alias acak-kadut... tapi warnanya doang yang ayas suka...

gitu aja deh...tkyu heheheh

Anonymous said...

di iklan asli sayembara- nya (saya masih simpan) disebutkan bahwa KRITERIA KEIKUTSERTAAN LOMBA:
[pasal 1]
"logo berupa gambar/ simbol dengan mencantumkan tulisan Bursa Efek Indonesia dan The Stock Exchange of Indonesia atau dapat berupa tulisan saja."

dengan demikian, logo "pemenang" yang menggunakan tulisan Bursa Efek Indonesia dan Indonesia Stock Exchange (bukan the stock exchange of indonesia) seharusnya terkena diskualifikasi dan tidak boleh menjadi pemenang.

sebaliknya, bila iklan yang salah, dan memang terminologi Indonesia Stock Exchange yang benar, maka sudah sepantasnya total hadiah dibagi rata kepada seluruh peserta, termasuk yang hanya berniat untuk ikut sayembara tersebut. :)

jadi, pendeknya, saya idem dengan bung 'ojat'. ada kongkalikongkingkong di bagian mana neeeeh???

Yasin said...

ember guys kaya ceker ayam... ga jelas!!
gw submit jg plus dengan proposal segala uda kaya mau maju ke klien tapi ya apalah kata..

jsx nya juga ga bisa bikin brief yang jelas.. mau pake akronim BEI (bursa efek indonesia), SEI (stock exchange of Indonesia) ato yang lain..
di briefnya cuma disediakan dua frasa ini doang trus yang menang bisa tiba2x bisa IDX??!!!

dan yang hasil sayembara (pemenang) tidak dipublikasikan atau diberitakan di media -- baca: tidak diapresiasi secara verbal -- gimana mau maju graphdes indo

sontoloyo tuhh
f.c.i.d

Roy Sumur said...

Emang konyol banget design BEI yg sekarang, sepertinya designnya emang udah ada, trus pemenangnya adalah yg paling mirip dengan design panitia... gubrak

nurdinhalid said...

/all lebih mantab design yg sekarang, walo itu hasil dari singkongnyakingkong, tp kita harus utamakan orang terdekat dulu, baru orang yg berniat ikut kompetisi, itung-itung pemasukan tambahan ^^

tapi design pak menri yg skrg kok spintas mirip dengan yg punya negara lain, kesannya niru gitu --a, coba deh liat lg, mirip nda..

salam hangat dari balik jeruji...

Anonymous said...

wah, desain logo aslinya bagus kok...
knapa dimasalahin?

emang ga ada meaningnya?
ato ga tau?
sapa tau pilosopinya malah berat juga, cuma ngambilnya dari sudut pandang lain aja....

Anonymous said...

heheheh....
klu masalah filosofi saya kurang ngerti
logo yang kemaren saya buat hanya sedikit
yang menggunakan filosofi. Logo yang dibuat oleh saya kebanyakan menggunakan teori dan
icon pertukaran dari huruf X.
Mohon maaf sebelumnya saya bukan so menasehati saya hanya sekedar cerita...hehehehehe.....
Oya, saya pernah mendengar teori konspirasi
atau apalah yang sejenisnya saya kurang tau heheheh...
mungkin dari kalian juga pernah mendengar.
saya tidak tau persisnya...
Mungkin ini adalah salah satu cara Manajemen/panita BEI untuk terhindar dari pajak logo baru,
nah, makanya pihak BEI membuka sayembara logo untuk dilombakan dan logo yang akan menggantikan logo yang lama sudah disediakan sebelum sayembara disebarkan oleh pihak BEI. Mudah2an saja pihak BEI tidak melakukannya....heheheeh.
Yaaa, semua uda diatur sama Allah dan hanya Allah yang tau kebenaranya...
apabila pihak BEI benar meggunakan teori ini saya berharap pihak2 yang menyelenggarakan sayembara ini dibukakan hatinya... agar tidak melakukan hal seperti ini lagi.
Saya melihat nama pemenang...tp apa itu beneran? ap cuma direkayasa? agar peserta tidak merasa ditutupi? kembali lagi pada agama..kita ambil hikmahnya aj...ok?
Dan apabila memang ada pemenangnya selamat ya!?
mudah2an uang yang didapat menjadi berkah dan berguna amiiiiinnnnn..........

Anonymous said...

Setelah baca rasional n proses grafis logo IDX terpilih, saya lebih memilih logo pemenang pak, IMHO.
Lha logo versi KDRI mengingatkan saya pada hal-hal yang berbau otomotif. Mirip dng logo produk salah satu varian oli milik perusahaan minyak asing yang menyeponsori Scuderia Ferrari. Dan, tambahan lagi, kalo logo versi KDRI dicetak b/w, hasilnya jadi terbaca rsx..
IMHO lho pak :D

Anonymous said...

Iye tuh Pak Menteri, 'rsx' kan nanti malah diartikan daripada pertukaran pasien Rumah Sakit (Rumah Sakit eXchange) :P

Anonymous said...

wah mohon maaf saya sih ngak suka ama logonya sampeyan..
kebetulan saya tahu konsep logonya yang menang,di ngambil menggunakan konsep gestlat naik dan turun dimana mempunyai arti pada pasar saham mempunyai pegerakan naik dan turun. kenapa bulat soalnya melambang perkumpulan dari pasar saham yang turun dan naik gitu... jadi bukan caker ayam mas.. setinggi tingginya tupai melonjat pasti akan jatuh... sepandai anda belum tentu anda yang terbaik...
mohon maaf

zsin1603 said...

waw..pengen ikut juga waktu itu...

hmmm... gpp
yang menang keren lagi...
awut2anyya itu bikin kesan yang dinamis...
pilihan fontnya oke banget...
nakal tapi tetep mewah...
sepertinya gag adil kalo dbilang curang...

asli keren..
lebih keren dari punya pak menteri...

putaputa said...

pertama-tama sebagai peserta lomba, saya ucapkan selamat bagi pemenang, terlepas gossip-gossip dikomentar teman-teman di atas...

tetapi ada hal-hal yang rada nggak sreg disaya, logo jika diperkecil hingga ukuran 2x2cm atau 3x3cm pasti akan hilang beberapa guratan pada lingkarannya.
saya melihat logo bukan hanya dinamis, tapi malah menunjukan kesemrawutan/chaos kerja BEI.
Konsep dinamis malah rada rancu, dengan adanya bayangan yang "still" di bawah bola merah, yang malah mengesankan diam.
pertama kali saya lihat, kok rasanya kayak logo buat Jepang bukan Indonesia yah?

tetapi dibandingkan dengan logo veri KDRI, saya lebih condong memilih versi pemenang. Diluar desain logo butan KDRI yang lebih cocok untuk perusahaan bergerak di bidang otomotif, yang paling parah adalah aplikasi logo dalam keadaan monokromaatik yang terbaca RSX bukan ISX, karena memaksakan adanya garis lengkung, konsep mendunia, yang buat saya tidak perlu (maksa), karena tokh ISX/BEI itu otomatis mendunia, karena membawa klaim nama Indonesia. sebagai catatan pada Toronto, lengkungan lebih kearah melesat. dan Tokyo, lebih kearah "exchange". Dan membuat perubahan cara baca dari ISX ke RSX, sangat fatal buat seorang desainer.

Soal berubahnya nama BEI/TSXI ke IDX sih menurut saya bisa jadi terjadi setelah dipilih pemenangnya oleh juri, karena hal itu sering terjadi. Memang jika para perserta pada akhirnya mengirim logo berupa permainan akronim/singkatan dari BEI sebagai logogram hal ini sangat bermasalah, karena tidak sesuai dengan brief awal. kita tanya kan saja ke BEI soal yang satu ini.

Jujur waktu saya buat juga saya merasa janggal dengan TSXI, kenapa tidak ISX atau IDX...dan dari beberapa entry yang saya masukan, ada yang saya buat tidak sesuai brief dengan nama ISX, walaupun tahu konsekwensinya gugur karena tidak sesuai dengan brief...tetapi saya berusaha memberi option lain saja kemereka...

panji said...

Gw bukan desainer, cuma heran aja, yg pada ngritik desain pak menteri pake anonymous hampir semuanya. Pada takut kena semprot pak menteri apa? Ngritik yang open aja lah, kalo emang didasarkan pada pendapat profesional, kenapa musti ngumpet.

Kodok said...

Submissionnya secara estetika bagus kok, minimal lebih bagus dari pada "rsx"
kompetisi kayak begini pasti ada yang seneng, ada yang gak seneng.

MenteriPemberantasKebodohan said...

iya nih, pak anonymus yang gak pingin terkenal,desainnya pak menteri kayak karet pengaman.tapi gua liat2 hampir isinya site ini bnyk yang isinya corat-coret doank.Kayak klub pengangguran gitu deh.Untung site ini gak disahkan SBY.Bisa hancur negeri ini.Sebagai menteri pemberantas kebodohan,saya giatkan "Majukan budaya bangsa dengan membuka pikiran,moralitas,dan mentalitas".Supaya gak bisanya ngritik,plagiator, dan korupsi doank. Buktikan kemampuan gitu lho..Soalnya saya baca2 isinya cuman lolongan anjing kalah perang doang.... Sori, kalo agak keras,Semoga dengan kata2 ini kalian bisa nyadar, dan lebih sukses dalam hidup.Sehingga bangsa dan negara ini lebih maju.

julia said...

dan yang melolong lebih keras adalah juga pengecut sambil menyatakan dirinya "MENTERI PEMBERANTAS KEBODOHAN". bilang site ini adalah kerjaan orang yg "ga punya kerjaan", "buktikan kemampuan" dsb. lah SITU SIAPA ?? tukang kritik yg bersembunyi juga kan ?? munculkan diri sebenar2nya, dan buktikan kemampuan loe dulu dong !
lagian hei menteripemberantaskebodohan.. telaah baik2 site ini dan apa aja prestasi yg udh diraih sama pak menteri desain di dunia nyata lewat kdri.web.id . minimal bukan cuma lolongan kyk loe

julia said...

oh ya, saya juga ga suka logo buatan pak menteri, tp minimal saya ga ngata2in orang karena saya "berkaca dulu" sebelumnya ( ini buat menteripemberantaskebodohan lagi ! )

MenteriPemberantasKebodohan said...

Wah2...ada anak anjingnya pak menteri marah2.hehehe.Sori-sori,padahal bukan maksud saya ngata2in kamu.cuman saya cuma me-ngomentari tentang apa yang telah diposting di atas. .Apa emang gak seperti tentara kalah perang ^^.Sudah diralat lho* :D. Cuman saya turut prihatin melihat site ini.Apakah ada yang bersifat membangun ??? Sori, tapi saya malas debat kusir dengan orang-orang macam kalian , cuman menghabiskan waktu.Bagi yang membaca posting saya,saya harap mengerti dengan apa yang saya maksud. Kalo emang bertujuan memajukan desain indo, kasih alternatif yang LEBIH baik , dan bukan menurut pendapatmu sendiri.Renungkan baik2 kata2 saya dan semoga posting saya dapat lebih bermanfaat,bukan sekedar emosi tak bermanfaat. Satu hal lagi, saya percaya tidak mungkin dari mata air yang jernih mengalir air yang kotor.Tetapi tidak ada kata terlambat udah bertobat,kecuali setan.

ejat said...

hmm...menurut saya sih satunya pro dan satunya kontra,cuman emang bener sih pak menteri-2 kalo ngasih pendapat jangan kayak sok jago sendiri gitu donk.Tapi sisi baiknya mendukung semua orang jadi suka desain kali yah ?? mendesainkan masyarakat dan memasyarakatkan desain :D.

Anonymous said...

iya desainnya pak menteri kayak kondom berdarah ..jelek, gak mencerminkan mengenai bursa efek,kok bisa ya mengangkat diri jadi menteri desain ....bakkayaro...liat aja desain2 yang lain ,desain PSSI,baju dll kayak desainnya pengangguran yg gak laku.Gak malu bikin site kayak gini, kek menunjukkan sampah ke orang-orang.Hohohoho.What a site...junk site..

Anonymous said...

makin seruuuu aja
pak menteri desain republik indonesia aja potonya ngak jelas kok.. kan sama2 sembunyi tangan hahahhahahah

rum said...

weleh weleh, kayaknya malah bagusan yang hasil sayembara sebelumnya deh. logo dari pak menteri sama sekali gak komersil. yang bumi diceker-ceker ayam itu jauh lebih bagus dan kesannya itu profesional. ayo dong bikin lagi versi yangt lebih seru! hidup pak menteri!!!

kanjut^terbang punkrockmancintaIndonesia said...

wah stju pak mentri pembrantas kbodohan,,
g profesional tu ya yang bikin site ini,seenaknya aja ngatain desain orang,cakar ayam,mangnya punyamu bagus apa?sepihak bgt,hahaha..
terserah mw nyablak ap ja,yg menang tetep aj menang,dan lu cmn diem dsne smbil ngata2in cakar ayam..
coba deh sandingin lagi logo yg sekarang,logo lu mentri ama logo2 dr ngara lain,kyanya lgo yg lu mentri bkin terkesan kaku,haha..

Anonymous said...

order alprazolam no prescription cost of 1mg xanax - xanax for anxiety and stress

kingkong said...

thanks ya infonya !!!

www.bisnistiket.co.id