Monday, May 14, 2007

SARINAH

SEBELUM

Haree geneee diajak ke Sarinah untuk gaol?... mungkin anak muda jaman skarang akan berpikir dua kali... Bisa jadi salah satu alasannya adalah citra yang seakan seperti tempat belanja ibu - ibu konservatif dan kuno.

SESUDAH

Sarinah sebagai perusahaan milik negara harusnya berbenah diri supaya tidak lekas tutup. Tampilan kepala ibu - ibu berkonde hendaknya diganti saja dengan yang lebih moderat...supaya si anak - anak gaul itu juga gak sungkan untuk ngeceng di Sarinah!

11 Comments:

kebeb said...

hhmmm... kurang oke pak... buat tempat belanja logonya kurang mengundang juga. masih kaku...lebih bagus kl S nya hasil urek2an kali ya..tp tetap semangat ya pak !

Ministry of Trade said...

apaan tuh! itu mah Logo lama SCTV! di cloning jadi dua!ama malah keliatan lebih rendah daripada Ramayana!....

Kalo gak tau yee, toko Sarinah tuh pake Ibu2 konde itu karena itu nama Ibundanya Presiden Soekarno ama itu fotonya! cihh gak ngehormatin *ngeludah* sejarah....Modernism tidak selalu bagus.... itu bangunan yang di resmikan oleh Presiden Soekarno

Ministry of Trade said...

Sorry maksud gw

Kalo gak tau yee, toko Sarinah tuh pake Ibu2 konde itu karena itu nama Ibundanya Presiden Soekarno ama itu fotonya! cihh gak ngehormatin sejarah! *ngeludah ke lantai*

Modernism tidak selalu bagus.... itu bangunan yang di resmikan oleh Presiden Soekarno

Ministry of Trade said...

Governess Sarinah inspires development


Anissa S. Febrina, The Jakarta Post, Jakarta

Many have said the flamboyant Sukarno had more than a handful of muses, but the source of inspiration for Sarinah was not a lover nor one of his many wives.

The face of the department store -- the woman with her hair pulled back in a bun decorated with five stems of jasmine -- was Sukarno's second mother, his governess.

"Sarinah is the one name I hold dear," Sukarno said during the ground-breaking ceremony for the department store in 1963, according to a book on Sarinah's history.

In his autobiography he said: "It is she who taught me to love. Sarinah taught me to love people. Masses of people."

The paragraph he dedicates to his unmarried and loyal governess mbok Sarinah -- who rarely left his side during his childhood in Mojokerto, East Java -- came straight from the heart.

Sukarno portrayed the woman cooking in a kitchen separate from the house as he, a little boy, sat watching.

"Karno, over and above everybody you must love your mother. But then you must love the small people. You must love humanity," Sarinah said as quoted by Sukarno.

His friends, teachers and parents might have taught him about all the others "isms", but it was Sarinah who taught him about humanism.

Prior to using the name for Jakarta's -- and the country's -- first department store, Sukarno had used Sarinah as the title of his 1947 book on the women's movement.

In the book, once again inspired by the struggle of middle-class Indonesian women -- personified early in his childhood by his governess -- Sukarno highlighted the paramount role of women in the struggle for independence.

Later, at the official opening of Sarinah department store, he spoke once again of the importance of women in economic development.

No one really knows what the real Sarinah was like.

All that remains is her grave in Tulungagung, East Java.

And the image of an outdated department store trying to get back on its feet.

sulovyo said...

terlalu gemuk.gak okeh buat ukuran tempat soping.bentuknya juga ngambil bekas logonya sctv.

pentamon said...

hehehe... sekilas saja, logo tersebut mirip SCTV. Apa inspirasi nya dari SCTV? atau ingin lebih mempopulerkan SCTV... hihihihi...
Pemilihan font yang modern dan futuristic, sepertinya kurang sesuai untuk sarinah nya...

btw: warna2 tersebut melambangkan apa?

KEMENTERIAN DESAIN INDONESIA said...

kok semua pada mengira kayak logonya sctv ya?..malah saya ngira ini logonya logo buku tulis itu loh..(apa ya namanya..sinar dunia ya?..) jaman saya sd logonya sih kayak gitu... he he..

paman tyo said...

buat saya, logotype lama "sarinah" yang tulisan tangan soekarno masih bisa dipertahankan. tinggal bagaimana cara kita melakukan rejuvenation supaya sarinah tetap seger.

logo lama tuh nanggung. mapan-classy nggak. merakyat-naif juga kagak. tapi sebagai patok sejarah, sarinah layak hidup -- asal secara bisnis menguntungkan.

Vita said...

Dengan banyaknya mall yang lebih modern, sepertinya Sarinah susah buat nyamain. Dari nama juga... kurang.
Mungkin kalo Sarinah dikhususkan untuk Mall yang jual segala hal yang berbau tradisional... mungkin. Nah lo... mikir lagi kan ide buat logo baru Sarinah dengan tradisional style :)

Gimson said...

Wah, sarinah tuh paling oke buat jalan2 dan cuci mata. Sepi dan harganya juga termasuk murah (kalo tau barang) hahahahah ....

Dari SD sampe tuwir sekarang mainnya tetep ke Sarinah. Abis kalo laper tinggal kabur ke warung sate Jaya Agung di pojok Sabang itu sih ... bumbu satenya maknyus.

dinata_padma said...

gw lebih setuju kalo kita lebih mengembangkannya saja..
menurut gw dah apik kok...
ingat Bung Karno juga Arsitek looo...

"kaumpapa"