Wednesday, January 03, 2007

DELEGASI ASEAN DI JEPANG


Ini foto bareng ketika KDRI diundang mengikuti scholarship di Jepang dalam rangka mengetahui perkembangan industri konten di Jepang (Animasi, Games, Film, Musik, Character Design, Komik dll). Melalui institusi bernama AOTS (yang sebagian didanai dari Kementerian Perekonomian Jepang), mereka memiliki program pelatihan untuk negara - negara tetangga agar dapat maju bersama...hebat ya..kapan nih Indonesia bisa kayak gini juga..mungkin kita bisa mulai dengan mengundang negara Timor - Timur ?

Btw kebanyakan untuk program kali ini yang diundang dari negara - negara asia tenggara..seperti Malaysia (2 orang), Thailand (2 orang), Philipina (2 orang), Vietnam (3 orang) dan Indonesia diwakili oleh Harry Dagoe dan kami, KDRI. Oh iya kami tidak tahu kalo pakaiannya harus formal..jadi pas di foto hanya dari KDRI yang agak gaul hehe..satu2xnya yang pakai kaos, jeans dan sepatu kets!..yeah!

Selama 8 hari kami mendapat presentasi tentang perkembangan industri konten dan permasalahannya di Jepang oleh para profesional dan dosen yang memang menggeluti bidang konten (Ternyata walaupun negara maju, tapi kebanyakan para pengisi materi tidak bisa berbahasa Inggris sehingga harus menggunakan translator..mereka tidak malu dan kayaknya lebih bangga menggunakan bahasa Jepang..kami salut.). Selain itu kita juga saling tahu bagaimana kondisi industri konten di masing - masing negara. Untuk lebih lengkapnya...akan kami publish dalam topik yang lebih detail di blog tercinta ini..(sebagian sih sudah..di bulan2x yang lalu).

Ini foto ketika KDRI presentasi tentang perkembangan animasi di Indonesia.... ternyata mereka terkagum - kagum dengan progres dan strategi yang sudah dilakukan oleh negara tercinta ini..Tampak di layar proyektor adalah karya animasi dari murid - murid SMK di Bali yang akan di tayangkan di TV milik pemerintah Indonesia.

data mengenai AOTS dapat di cek di http://www.aots.or.jp

8 Comments:

Anonymous said...

Pak menteri... bisa gak saya dapet kontak anak2 SMK itu?? itu SMK brapa ya?? kebetulan saya di denpasar...


thx pak..

mad_ult@yahoo.com said...

Pak menteri... bisa gak saya dapet kontak anak2 SMK itu?? itu SMK brapa ya?? kebetulan saya di denpasar...


thx pak..

KEMENTERIAN DESAIN INDONESIA said...

Bisa mas... saya juga agak lupa... nanti aku tanyakan dulu ke asosiasi animasi indonesia yaitu AINAKI.ORG ..Kalo gak salah sih SMK 11 Bali... kalo gak salah loo yaa... soalnya setau saya SMK yang ada animasinya cuma 1 atau 2 gitu..

sabar ya..saya carikan dulu..

salam.

DwD said...

wah salut buat pak menteri yg mau memajukan bangsanya!
keep up the good work!
oia walopun ud agak basi tapi aku mo komen ttg animasi yg peperangan itu, suka bgt n keren!

Anonymous said...

eh pak mentri kok nggak menunjukkan tampang aslinya?

malu ya

KEMENTERIAN DESAIN INDONESIA said...

loh..wajah saya ya kayak begini ini...

mad_ult@yahoo.com said...

SMK 11 Bali?? walah dimana tu ya?? setahu saya SMK dibagi per Kabupaten (SMK 1 Denpasar, SMK 3 Singaraja...) apa emang aku yang gak tau ya??hehehehe yo wis.. saya tunggu

Anonymous said...

wah kayaknya bagus tuh animasi.. cuma tampilnya di... televisi milik negara... :(