Friday, September 15, 2006

RADIO REPUBLIK INDONESIA (RRI)

Kiriman dari :
Ahmad Ridwan - ahmad_ritwan@yahoo.com

MASALAH

(kebetulan kami tidak menerima diskripsi masalah dari pengirim - red)

SOLUSI

Sebagai salah satu stasiun radio tertua dan bersejarah di tanah air ini, Radio Republik Indonesia (RRI) terus berkembang dan menyesuaikan diri dengan kebutuhan masyarakat.
Saat ini RRI yang dahulunya milik pemerintah kini telah berubah menjadi Lembaga Penyiaran Publik. Untuk menegaskan identitas tersebut RRI membuat logo baru dengan filosofinya antara lain :

1. Bentuk empat persegi panjang tanpa sudut dan tanpa garis tepi, menggambarkan kekokohan dan solidaritas. Sudut yang membulat (tidak runcing) melambangkan flexibilitas RRI. Tidak adanya garis tepi/batas ataupun bingkai (frame)menunjukan independensi RRI, serta keterbukaan RRI untuk dapat bekerjasama dengan berbagai pihak.

2. Tulisan (font-type) "RRI". Huruf tulisan yang dirancang khusus (tanpa padanan dengan pihak lain) menunjukan RRI yang kokoh, tegas, dinamis, dan selalu "bergerak maju".

3. Gambar pancaran radio. Sebuah image yang menggambarkan kuatnya pancaran siaran radio RRI yang makin meluas, menembus batas, dan selalu "menuju ke atas". 3 lapis pancaran yang terlihat pada logo juga melambangkan Tri Prasetya RRI.

4. Warna Biru, Biru Langit, dan Putih. Untuk mempertahankan tradisi, warna biru dipilih sebagai warna korporat RRI. Warna biru dan biru langit ini melambangkan universalitas RRI, sifat mengayomi, teduh, dan dapat dipercaya. Warna putih pada tulisan RRI melambangkan kejujuran/kebenaran, keberimbangan, dan akurasi.

8 Comments:

Jadul.org said...

Kok jadi mirip lambang RTC UI ya?

Anonymous said...

mirip logo freehand!

Anonymous said...

mirip logo freehand!

ariaport said...

baru sadar kalo ternyata rri punya logo...

Anonymous said...

gw suka rancangannya..keren...oh andai nya kita bisa ber design ria dan pak SBY meng iya kan...pasti akan banyak warna warni di indonesia...

hidup warna..

Anonymous said...

Lho... logo ini emang udah di pake RRI kan

Aryo said...

Logo ini jadi dipake RRI ya? kok tadi gue liat ada spanduk seminar RRI pake logo ini.. huhuh

Anonymous said...

Lho,,ini kan emang logonya RRI,,aneh sekali saudara ini...