Saturday, September 02, 2006

KAMPANYE BERGERAK!

MASALAH
Rasa cinta tanah air berkurang, Negara kita tidak mandiri..sangat tergantung dengan negara lain...kapan bisa menjadi negara maju ?

SOLUSI

Kami mengusulkan untuk membuat kampanye besar - besaran yang tujuannya agar bangsa kita dicintai oleh rakyatnya..dan bisa menjadi bangsa mandiri.

Maksud dari bangsa mandiri adalah...kita wajib menyediakan kebutuhan negara tanpa harus beli dari negara lain..kalo perlu negara luar yang beli ke kita... sehingga ke depan merekalah yang tergantung dengan kita...

Peralatan senjata jangan beli ke negara lain...bikin sendiri saja, makan tanam sendiri..kalo perlu setiap kelurahan punya sawah sendiri untuk penduduk sekitar...peralatan elektronik bikin sendiri..pokoknya mandiri dehh...

Logo ini melambangkan kita harus bekerja keras sampai titik darah penghabisan..mencari solusi bagaimana merealisasikan tujuan kampanye tersebut.
BTW agak mirip logo Pertamina ya hehe..tapi ini tulnya untuk backup misalnya petinggi Pertamina menolak hehe.

Kampanye ini bisa dimulai dari Presiden sendiri...di sini SBY berinisyatif untuk selalu memasang pin "Bergerak" setiap hari..dan beliau memesan sebuah karya ukir dari Jogjakarta berbentuk logo yang sama sebagai simbol komitmen beliau.

Logo "Bergerak" dapat diaplikasikan ke berbagai macam media...Sebetulnya saya pingin pakai artis lokal Indonesia..tapi belum ketemu hehe..jadi pake seadanya dulu....anyway di sini menampilkan warga negara Indonesia yang cinta akan tanah airnya..hingga rela memasang kalung berbentuk logo kampanye...

Di poster ini menceritakan Tom Yorke musisi terkenal dari Inggris yang rela mengganti warga negaranya menjadi warga Indonesia...dan dia bersedia menempelkan logo kampanye di dekat matanya disetiap konsernya.

MARI BERGERAK!!!

21 Comments:

The Lion Roars said...

Wooo Keren Banget bos !!!

nananias said...

ada tom yorkeeeeeeeeeee. keren sumpah!

si mata sedih cocok deh pake logo bergerak!

keren sekaliiihh!

Orangufan said...

Asik ide nya!
emang penyakit terparah di negara ini adalah hilangnya rasa cinta terhadap Negaranya. dan ini berdampak kepada hilangnya nilai2 pancasila,Bhineka tunggal ika.

tapi tentunya mas Wadit...memang kita harus bergerak, tapi kalo Desain itukan "obat" bagi sebuah "penyakit" nah karnanya akan lebih penting lagi bagi kita untuk menemukan siapa sebenernya yang sakit. atau dalam kata lain, Target Audience Desain ini.

yah..menurut saya siih bukan Masyarakat nya yang perlu di suruh untuk mencinati tapi Pejabatnya dulu aja....

any way, ini seru loh mas Wadit... apalagi kalo di seurieus in. kalo ide kasaran saya sih, kita pake konsepnya Aa'Gym aja...
3M
Mulai dari sendiri
Mulai dari hal yang kecil
Mulai dari sekarang

MENTERI DESAIN INDONESIA said...

loh saya ini serius lohh...hanya butuh support kalian dan tinggal menunggu waktu saja...

salam

blonty said...

walaupun gak punya ilmu desain, aku pernah cuba-cuba bikin desain kaos untuk kampanye bergerak, loh... maap-maap aja kalau desainku jelek dan gak gaul :p

gadink siahaan said...

Sebuah ide yang brilliant dan berani, akan tetapi pak menteri kudu tau designer itu bukan memperbaharui yang ada akan tetapi menciptakan karena designer dan creator adalah suami-istri yang ibarat pisang dan kulit nya.

Usulan pak menteri saat ini saya pandang masih kurang ok karena pak menteri tak ubahnya seorang plagiat yang kreatif

adminz said...

jadi terbakar untuk membangun indonesia

Rezza said...

huahaha.. keren2
luthu2..
sep2..

eh..mas waditya sekarang merambah ke dunia blogging ya.. :D, baru tau nih..
nge link boleh kan..

Ical said...

Mas...Eh..pak menteri...saya mau kaosnya tuh pak kalo ada yang jualan...sepertinya mantap pak..begitu...oiya...desainnya mantap mantap pak...very modern pak...ditunggu karya karya selanjutnya...kementrian desain membuka lowongan pegawai negeri pak??

Ical said...

pak...mantri..eh menteri kalo boleh tak pakai logonya di kaos boleh ya pak...biar sosialisasi gitu...gini gini saya cukup bangga terhadap ibu pertiwi...kementrian buka lowongan ga pak??hehe

Anonymous said...

Kok namanya "Bergerak" sih? Kesannya diem aja. Pake "Mandiri" aja lebih direct kali... (*heheh protes aja nih*)

Btw, idenya bagus banget. Kalo didengung2kan konsisten bertahun-tahun, lama2 orang pasti tergerak. Jangan cuma di grafiti aja, kalau bisa di billboard yg bayar juga buat pasang logonya (biar lebih lama terpajang). Terus bikin websitenya juga "www.indonesiamandiri.org" saya pasti dukung mas !!

-Jeson-

enda said...

gue dukung!

pak menteri kasih filosofinya dong kenapa yg dipilih setetes darah merah, kayak lambang PMI hehe

Roby said...

Pak menteri, kayanya kalo yg dimaksud mandiri itu bikin segalanya sendiri nggak akan pernah kesampean. Nggak ada satu negara pun yang bikin semuanya sendiri. Yang penting harus pinter2 apa yang perlu bikin sendiri dan apa yang perlu beli.

Dari jaman baheula, urat nadi kehidupan manusia itu perdagangan. Definisi dagang: ada yang beli dan yang jual. (saya tinggal di amerika, baju saya kebayakan ada tulisan 'made in indonesia')

Jadi mungkin yang dimaksud mandiri itu menentukan sendiri apa yang mau dibeli dan apa yang mau bikin sendiri.

Komentar soal logo darah: pertama saya melihat logonya, image yg muncul adalah kesedihan, perasaan terharu, damai, lemah. Saya nggak nangkep itu sesuatu yang melambangkan 'bergerak' atau 'aktif'. Kalo buat saya yang rakyat biasa, yang melambangkan 'bergerak', kerja keras, aktif itu adalah yg mirip2 mesin, metal.

Juga kalo inget istilah di bahasa inggris utk sifat bergerak, produktif, kerja keras ini adalah "industrious person". Sesuatu yg produktif dihubungkan dengan industri.

Tapi gimanapun juga, saya dukung kampanyenya. :) sip.

Alamak! said...

kok icon nya tetes darah, ya...
kesannya jadi multi tafsir.

Anonymous said...

it's very great idea and great innovation..
saat ini kita semua memang harus bergerak untuk menyelamatkan bangsa ini..
logo tetesan darah juga bisa diidentikkan dengan tetesan air mata dari kesedihan rakyat yang tiada henti dilanda bencana
kita harus bergerak untuk menghentikan tetesan itu!!!
jangan ada lagi tetesan darah dan air mata!!!

Anonymous said...

pak mendes, saya suka konsepnya, tapi kalo liat tetesan darah presepsi saya kok sama ya (PMI), mungkin ditambah kesan bergerak akan lebih bagus,,

broto said...

Iya, konsepnya logonya kurang m'nendang' :P
Kok kayak pesakitan n sedih gitu. Walopun sebetulnya simpe dan mudah diingat.

Tp konsep gerakannya itu lhoh : KICKASS! Bergerak!!!

guebukanmonyet said...

Yeah, nice idea. Great job guys. This country needs a positive campaign to make them realize that they need to care better.

William said...

Great idea with a lame concept and lame execution.

ai said...

idenya sih brilian banget
tapi kok malah kesannya indo perlu bantuan sih
merah-AID

dan kesannya kita sedih terus...
krn nangis n menumpahkan darah...

Anonymous said...

Cocoknya di bawah lambang itu ada tulisan "setetes darah anda dapat membantu nyawa orang lain, donor darah SEKARANG!"