Saturday, September 23, 2006

GARUDA INDONESIA

MASALAH

Menurut majalah Tempo edisi 4-10 Sept 06, Garuda Indonesia merugi ratusan miliar rupiah. Garuda juga punya utang sebesar 4,5 triliun...Wah iki piye, iki piye...? Mungkin top manajemen gajinya terlalu besar tapi kinerja kurang ? Karena hanya di Indonesia yang katanya perbedaan gaji top manajemen bisa 100 kali lipat..(wajarnya 4x hingga 15x)

SOLUSI
Sebetulnya kami kurang tau solusi bayar utangnya... he he..tapi iseng - iseng aja ngrubah logo..siapa tau merangsang merubah manajemen baru..

Kami memberi 2 citra baru untuk Garuda...dengan tetap menyesuaikan konsep sebelumnya yaitu burung garuda yang terbang ke arah kanan..


Salah satu citra baru ini, ada yang saya rubah untuk pewarnaannya. Emas! Warna dasar Garuda Pancasila...semoga dengan citra baru ini, dari tingkat office boy hingga top manajemen bisa mencari solusi bagaimana membayar hutang, dan menjadi perusahaan pencetak emas he he..

26 Comments:

huseinisme said...

wah,, akhirnya tercipta citra baru garuda indonesia.. keren pak menteri! cuma knapa tulisannya ga satu baris aja, biar enak ditaro di badan pesawatnya..

MENTERI DESAIN INDONESIA said...

hehehe..saya niru komposisi textnya singapore airlines..

MENTERI DESAIN INDONESIA said...

kok di sini gak ada komentarnya si yudha ya?.....tumben....

Anonymous said...

si yudha lagi siap2 bikin brief buat diajuin ke garuda pake ide pak mentri tuh ...

ati2 pak, pencuri ide tuh ..

MENTERI DESAIN INDONESIA said...

Anonymous said...

si yudha lagi siap2 bikin brief buat diajuin ke garuda pake ide pak mentri tuh ...

ati2 pak, pencuri ide tuh ..
--cut--

:D

ibu dharmawanita said...

gw suka yang emas pak mentri!!!
lumayan membuat garuda lebih keliatan... berhubung warna biru lumayan super pasaran untuk per-pesawatan international.

ariaport said...

utangnya masih banyak, kok dah mo ganti logo... piye toh?

Anonymous said...

Ide baik. Tapi agak aneh. Kalo dilihat menghadap kekiri seperti profilnya "Woody Woodpecker" yang ketawa. Lengkap dengan mata, moncong, bulu dll. Mungkin ada dualisme ya.

MENTERI DESAIN INDONESIA said...

ariaport said...

utangnya masih banyak, kok dah mo ganti logo... piye toh?
---cut---

ganti citra / image juga bisa mendatangkan keuntungan...apalagi disokong kementerian desain...dana utk pencitraan bisa ditekan..dengan hasil yang sama..hehe..

MENTERI DESAIN INDONESIA said...

Anonymous said...

Ide baik. Tapi agak aneh. Kalo dilihat menghadap kekiri seperti profilnya "Woody Woodpecker" yang ketawa. Lengkap dengan mata, moncong, bulu dll. Mungkin ada dualisme ya.
---cut---

he he he...lucu juga cara berfantasinya...thanks utk masukannya...

diknyo said...

waa...elok tenan logone garuda sing anyar, asyiknya lagi kalo ada matanya, jadi biar kalo terbang ga nabrak kekekeke....

coolguys said...

untuk logo ini, tentunya logo yg anda buat itu seperti layaknya anda hanya bermain2, karena menurut saya anda membuatnya seperti batik dan pesawatnya berwarna coklat, apakah itu representatif? akan lebih baik jika anda membuat logo tersebut terkesan kokoh dan prestise, karena logo tersebut akan dibawa ke seluruh negara d dunia. saya sangat yakin jika anda mencoba untuk menjual design anda ke garuda indonesia, itu hanya akan menjadi bahan ejekan belaka. cobalah anda membuat sesuatu yang lebih modern dan mencerminkan keadaan global saat ini. coba anda lihat american airways. mereka saja menggunakan hanya font yg sangat sederhana namun terkesan kokoh walopun konvensional. WRWB

erika said...

BAGUSSSSS,,, !!!! kaya pesawat thailand ngga siih? tapi gud gudddd,,,, saya sukaaaa

Fahrian Hadisantoso said...

wah bagus!! tapi yang warna coklat emas jangan deh ganti warna lain deh krn nanti kyk warna Pesawat UPS (United parcel Service)

coba Google Image: UPS Plane

Anonymous said...

Saya rasa logo yg pak menteri buat ok juga kok, kalo kesannya main2 hmmm...kayanya nga juga seh cuma mungkin warnanya mungkin kalo diganti bisa lebih keren.

Btw, logo kaya batik ok juga kok apalagi garuda dibawa ke luar negeri kan sama aja promosi budaya indonesia man.....

Anonymous said...

Bagus2.. tp bener tuh..kenapa tulisan Garuda Indonesia nya tidak dijadikan 1 baris saja.. seperti logo yg skrg ini..

Buat Yudha (tolong sadar diri).. Kalau mo nulis comment disini, ngaca dulu baik2.. APA PANTES??

Lahandi said...

Aduuh Pak... mantap dan bersahaja sekali logo ini! Saya sukanya yang biru... :)

sulovyo said...

logo garuda versi ini kok gak kena di hati saya...terkesan murahan dan agak "tewur" kata orang ngalam.kurang representative apalagi dengan tail warna coklat aduh...gak banget....its too gloom.coba pak mentri survey lagi deh...nowadays tren logo airlines adalah simpel tapi modern(eg:emirates,BA,JAL,TAP,Delta,Cathay).menurut survey(coba cek di forum airliners.net atau luchtzak.be dll) logo garuda yang sekarang termasuk dalam logo2 klasik yang seharusnya dipertahankan.kalo mau dirubah ya seharusnya harus besar-besaran dan tanpa harus takut kehilangan identitas keindonesiaanya.e.g JAL mengganti logonya dari lambang angsa bersayap 2 yang sangat legendaris itu dengan logo berupa potongan seperempat lingkaran merah tanda matahari di bendera mereka.it's simple but powerfull.sekali orang ngeliat pasti tau oh..itu pesawat nippon.gituuu.saya rasa orang indonesia tidak perlu terlalu ngotot mengeluarkan batik pada logo garuda ..its so silly....

sulovyo said...

logo garuda versi ini kok gak kena di hati saya...terkesan murahan dan agak "tewur" kata orang ngalam.kurang representative apalagi dengan tail warna coklat aduh...gak banget....its too gloom.coba pak mentri survey lagi deh...nowadays tren logo airlines adalah simpel tapi modern(eg:emirates,BA,JAL,TAP,Delta,Cathay).menurut survey(coba cek di forum airliners.net atau luchtzak.be dll) logo garuda yang sekarang termasuk dalam logo2 klasik yang seharusnya dipertahankan.kalo mau dirubah ya seharusnya harus besar-besaran dan tanpa harus takut kehilangan identitas keindonesiaanya.e.g JAL mengganti logonya dari lambang angsa bersayap 2 yang sangat legendaris itu dengan logo berupa potongan seperempat lingkaran merah tanda matahari di bendera mereka.it's simple but powerfull.sekali orang ngeliat pasti tau oh..itu pesawat nippon.gituuu.saya rasa orang indonesia tidak perlu terlalu ngotot mengeluarkan batik pada logo garuda ..its so silly....logo garuda yang sekarang cukup indonesia kok.yang diperlukan GA sekarang sebenarnya adalah penggantian livery/color scheme....livery yang sekarang terlalu monoton.

ai said...

um saya suka tulisan Garuda Indonesianya
lbh kuat
tapi gambar gaduranya sendiri malah melemah..
kesannya terbarangnya miring2 n kurang stabil..
meliuk2 seperti itu bagus juga.. tapi knp ga dibuat agak tegas..
jadi ga terlalu jauh dari kesan "terbang mulus lurus"
ekornya ttep dibuat mirip seperti yang lama (ada kesan edge yang segaris) tapi dengan meliuk2 ala indonesia..

yang emas keren.. tapi coklat itu kurang ngatu ama pesawat deh pak menteri~

kang beben said...

wuih..ini dia saya suka bung.XD
konsep batiknya itu sama waktu diaplikasikan sama garudanya.
saya suka.

buat saya ini brilliant.

berbagimanfaat said...

Menurut saya bagusss! khan Indonesia bangets. Orang2 di seluruh dunia tau kalau gambar yin dan yang itu ya 'gitu'. Tetapi berkat cara mengemasnya yg baek jadi enak diliat (ngga' kuno2 amat). Mudah2an pak Emir udah ngeliat ni logo, biar bisa langsung kontak pak menteri untuk ditindaklanjuti. Eh, tebalik ding kan harusnya pak mentri yg kontak sama pak Emir, sekalian sama pak SBY buat bikin rapat tertutup gitu. Apaan sich!. BTW, terus aja berkreasi pak menteri. Goooooooo!!!

Akhyari said...

mendingan gak usah pake garuda, mending INDONESIA saja. seperti PHILIPPINES,
dan backgroundnya kok coklatnya. gimana kalau biru bergradasi ?

nathayanx said...

Weh, kowe musti paham bahwa logo selain apik (bagus) secara visual tapi juga harus mampu berbicara (komunikasi) dengan siapapun yg melihatnya.
Lah, klo logo Garuda ini udah bagus secara estetis, tapi makna lingkeran dan warna-warna yg terkandung di dalamnya apa? apa ga orang ngira itu logo garuda tukang bikin pusing dan pesawatnya kerjaannya muter-muter melulu tanpa arah dan tujuan?

terima kasih

KEMENTERIAN DESAIN INDONESIA said...

@nathayanx :
makna mlungker - mlungker kan ndak harus dipersepsikan sebagai arah yang tidak ada tujuan / muter - muter.. :p

presiden desfikom said...

stilasi pada bagian kepala mengcopy dari logo yang sekarang... anda kurang kreative dan kurang riset untuk merubah citra,,, dan sejak kapan kementrian ini diakui oleh ADGI!!! you fucking idiots