Wednesday, November 01, 2006

F.A.Q KDRI

Alasan dibentuknya KDRI ?
Harapannya melalui lembaga resmi sebagai pembantu Presiden (yaitu menteri), kita memiliki kekuatan lebih untuk meningkatkan citra visual Indonesia ke arah lebih baik dan maju lewat regulasi, policy, serta program yang kami buat.

Apakah menurut KDRI, citra visual Indonesia masih buruk ?
Kurang lebih iya, artinya citra visual yang buruk masih mengarah ke pihak pemerintah. Banyak orang merasa enggan berdekatan dengan orang pemerintahan karena birokrasinya, sikap lambatnya, kurang profesionalnya, korupsinyalah dan lain - lain. Namun lewat kekuatan desain visual, hal - hal tersebut bisa dikurangi. Karena pada dasarnya desain visual bisa mengajak manusia untuk berubah melalui desain logo, warna korporasi, tayangan psa dll.
Di sisi lain, kebanyakan pemerintah kita dalam hal mendesain corporate identity lewat kop surat, brosur, flyer, spanduk, iklan, suka kurang profesional. Apalagi jika kita bandingkan negara lain, brosur untuk mempromosikan Indonesia saja masih kaya memperlihatkan Indonesia adalah negara berkembang, alias jayus dan ndeso.

Apa saja ruang lingkup kerja KDRI ?
Fokus utama kami adalah merubah image negara Indonesia menjadi baik dan maju melalui kekuatan desain visual. Serta menjadikan desain sebagai salah satu bagian penting dalam meningkatkan industri konten di Indonesia.

Desain bagian penting dalam meningkatkan industri konten di Indonesia? maksudnya ?
Tahukah anda bahwa industri konten di Jepang berada diposisi hampir 1/3 dari industri otomotifnya? Perputaran industri konten di sana dapat mencapai 1000 triliyun rupiah / tahunnya. Sehingga elemen desain di dalam konten memiliki kontribusi yang besar, selain elemen lain seperti distribusi, marketing dll.

Apa yang dimaksud dengan konten ?

Konten menurut kami dibagi menjadi 4 yaitu :

  1. Koran, majalah, buku, image dan teks
  2. Video
  3. Musik / Audio
  4. Games
Paling besar porsi konten di Jepang adalah no 1 dan 2, dimana desain memiliki pengaruh penting untuk memikat hati konsumen. Contohnya dengan desain karakter atau tampilan lay out yang bagus, konsumen pasti akan membelinya.

Apakah Bapak Gembol diangkat atas rekomendasi partai tertentu ?
Bapak Gembol berasal dari pihak independen. Tapi sebetulnya bapak Gembol masih belum diangkat resmi oleh Presiden R.I

Apa maksud dari kalimat terakhir setelah KDRI yaitu "belum/tidak resmi" ?
Belum artinya kita optimis suatu saat KDRI ini diresmikan oleh Presiden, tidak resmi artinya kita mengaku bahwa kementerian ini masih belum dapat persetujuan resmi dari Presiden.


Apabila pertanyaan anda di atas tidak termasuk di F.A.Q ini, silahkan kirim pertanyaan tesebut ke kdri@hellomotion.com